Jika gula darah Anda rendah

tubuh Anda akan menjadi lemah dan tidak kuat. Tanda yang bisa dirasakan adalah kulit pucat, berkeringat, lapar, kelelahan, palpitasi, kesemutan di daerah mulut, kecemasan dan iritabilitas. Dampak yang akan Anda alami ketika kadar gula darah Anda terlalu rendah (di bawah 40 mg / dL), termasuk:

Bicara tentang masalahnya.
Sulit berkonsentrasi.
Tidak bisa berdiri atau berjalan.
Otot spasmodik.
Kejang.
Pukulan.
Koma.
Mati.

Mari periksa gula darahmu

Cara untuk mengetahui kadar gula darah adalah dengan melakukan tes darah. Tes ini berguna untuk memantau kadar gula darah dalam tubuh Anda sehingga tidak keluar dari batas normal.

Tes gula darah dapat dilakukan di rumah menggunakan tes glukosa darah. Anda bahkan bisa mengikuti tes gula darah di rumah sakit. Ada berbagai jenis tes glukosa darah yang dapat dilakukan:

Tes gula darah yang membutuhkan puasa. Anda harus berpuasa selama delapan jam sebelum mengambil sampel darah. Tes ini sering digunakan untuk mendiagnosis prediabetes dan diabetes.
Tes toleransi glukosa oral (OGTT). Dalam tes ini glukosa akan diberikan dalam jumlah tertentu dan dua jam kemudian, kadar gula darah akan diperiksa.
Tes hemoglobin A1c atau glikohemoglobin. Tes ini dilakukan untuk mengetahui kadar gula darah dalam sel darah merah. Hasil tes ini dapat memberikan informasi tentang kadar gula dalam 2-3 bulan terakhir. Tes ini memudahkan dokter untuk mengganti obat pereda nyeri jika diperlukan. Tidak seperti sebelumnya, tidak perlu menjalani persiapan khusus untuk melakukan tes ini.
Tes glukosa darah acak. Tes ini bisa dilakukan kapan saja. Kadar gula darah dapat bervariasi tergantung pada diet Anda dan terakhir kali Anda makan makanan sebelum tes selesai. Oleh karena itu, tidak perlu melakukan persiapan khusus sebelum ujian. Karena sifatnya yang tidak diketahui pada saat itu, tes ini dianggap sangat bermanfaat karena umumnya kadar gula darah pada orang sehat tidak banyak berbeda pada siang hari. Jika kadar gula darah berbeda secara signifikan, mungkin ada masalah kesehatan. Selain di rumah sakit, tes ini juga bisa dilakukan di rumah menggunakan tes glukosa darah.

Baca Juga: