Contoh permasalahan Inflasi dikehidupan sehari-hari

Contoh permasalahan Inflasi dikehidupan sehari-hari

Contoh permasalahan Inflasi dikehidupan sehari-hari

Contoh permasalahan Inflasi dikehidupan sehari-hari

  Kenaikan BBM di indonesia

Sebagaimana yang kita ketahui, saat ini bangsa kita sedang mengalami masalah naiknya harga bahan bakar minyak. Ini dikarenakan permintaan masyarakat akan BBM yang membubung tinggi sementara penyediaan barang mengalami kekurangan yang membuat harga barang tersebut menjadi naik dan timbulnya inflasi. Kenaikan harga BBM memperberat beban hidup masyarakat terutama mereka yang berada di kalangan bawah dan juga para pengusaha, karena kenaikan bbm menyebabkan turunnya daya beli masyarakat dan itu akan mengakibatkan tidak terserapnya semua hasil produksi banyak perusahaan sehingga akan menurunkan tingkat penjualan yang pada akhirnya juga akan menurunkan laba perusahaan.

Naiknya harga BBM di indonesia diawali oleh naiknya harga minyak dunia. yang membuat pemerintah tidak dapat menjual BBMkepada masayarakat dengan harga yang sama dengan harga sebelumnya, karena hal itu dapat menyebabkan pengeluaran APBN untuk subsidi minyak menjadi lebih tinggi. Maka pemerintah mengambil langkah untuk menaikkan harga BBM.

Dan untuk mengimbangi masalah melonjaknya harga BBM setiap tahunnya, pemerintah mengeluarkan kebijakan subsidi BBM. Kebijakansubsidi BBM (Bahan Bakar Minyak) bertujuan mengatasi kelebihan beban APBN. Sebab jika tidak, APBN dipastikan akan mengalami penurunan yang berdampak langsung pada mandeknya pembangunan nasional.

Setelah sekian lama kebijakan subsidi BBM dijalankan , timbul berbagai kontravensi untuk segera menghentikan kebijakan subsidi bbm, karena setelah di lihat-lihat ternyata kebijakan subsidi ini tidak berjalan efektif dan jauh dari tujuan semula. Karena selama ini pemerintah terus memberi subsidi untuk BBM yang dikeluarkan dari APBN. Subsidi bbm yang melambung tinggi dan terus menekan APBN menyebabkan perekonomian indonesia semakin parah.

Akibat dari kenaikan harga BBM antara lain adalah :

  1. Inflasi meningkat (ditandai dengan kenaikan harga harga kebutuhan pokok).
  2. Ongkos angkutan umum yang dapat naik.
  3. Banyak uang menganggur.
  4. Biaya hidup makin berat.
  5. Kebutuhan pokok seperti sembako, obat-obatan, biaya rawat rumah sakit naik.
  6. Banyak yang putus asa.
  7. Keamanan menurun.
  8. Penerimaan pajak turun.
  9. APBN tertekan.
  10. Subsidi meningkat.
  11. Naiknya angka kemiskinan, pengganguran dan kriminalitas.
  12. Pertumbuhan ekonomi melamban dan menurunkan daya saing.
  13. Kepanikan dan keresahan masyarakat karena bingung bagaimana cara untuk menutupi kebutuhannya karena harga barang-barang mahal.

Baca Juga :