Disain Umur Cirata Terancam Berkurang

Disain Umur Cirata Terancam Berkurang

Disain Umur Cirata Terancam Berkurang

Disain Umur Cirata Terancam Berkurang

BANDUNG-Seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk, pencemaran di hulu sungai Citarum, dan over populasi jumlah keramba jaring apung, berdampak terhadap menurunnya kualitas air dan lingkungan Waduk Cirata. Bendungan dan Waduk Cirata yang dibangun pada Tahun 1986, direncanakan memiliki desain umur layan waduk ± 100 Tahun, namun degradasi kondisi lingkungan dan sedimentasi waduk mengakibatkan umur layan waduk dapat berkurang lebih cepat.

Bertolak dari keprihatinan tersebut, sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan

dan masyarakat, PT. Sharp Semiconductor bersama PT. Pembangkitan Jawa Bali – Badan Pengelola Waduk Cirata (PT PJB BPWC) tergerak untuk berbuat sesuatu dengan menyelenggarakan kegiatan penanaman pohon dan penebaran benih ikan di sekitar perairan Waduk Cirata.

Penanaman pohon dan penebaran benih ini berlangsung Kamis, 28 April 2016.

Sebanyak 7500 benih ikan nila, emas, tawes dan bandeng akan disebar di perairan Waduk Cirata. Ikan tersebut merupakan jenis ikan grass carp atau ikan koan yang berfungsi sebagai pemakan akar eceng gondok sehingga diharapkan dapat mengurangi jumlah eceng gondok di Waduk Cirata.

Sedangkan untuk menambah tutupan lahan, menanggulangi erosi dan

mengendalikan laju sedimentasi, PT. Sharp Semiconductor bersama PT PJB BPWC akan menanam 1000 pohon bersama para stakeholder antara lain pemerintah daerah, MUSPIKA, LSM dan masyarakat sekitar. Jenis pohon karet dan tanaman buah-buahan seperti mangga, rambutan, sawo dan kelapa dipilih karena selain berfungsi secara ekologis, hasilnya juga dapat dimanfaatkan untuk masyarakat sekitar Waduk Cirata.

Sinergi program Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Sharp Semiconductor

dengan PT PJB BPWC tersebut akan dihadiri oleh jajaran Manajemen PT Sharp Semiconductor mulai dari Direksi, General Manajer, Senior Manajer, Manajer dan Staf. Sedangkan dari PT PJB BPWC akan dihadiri oleh Kepala BPWC, Para Manajer, Para Supervisor dan Staf terkait.
PT. Sharp Semiconductor dan PT PJB BPWC berharap dengan ikut andilnya stakeholder dan masyarakat dalam penebaran benih dan penanaman pohon ini, niscaya akan membangun budaya kepedulian lingkungan yang siap menjaga kelestarian dan ekosistem di sekitar Waduk Cirata. (Pun)

 

Sumber :

https://www.lapor.go.id/profil/1783064