Fungsi Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual

Fungsi Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual

Fungsi Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual

Media pembelajaran yang berbadsi audio visual merupakan perantara atau penyampaian pesan pembelajaran yang mengandung komponen atau unsure visual dan suara. Karena menggunakan lebih dari satu indera dalam pemanfaatanya, maka media audio visual memiliki beberapa fungsi seperti fungsi edukatif, fungsi social, fungsi ekonomi, dan fungsi budaya.

  1. Fungsi edukatif

Fungsi edukatif ini dapat memberikan sebuah pengaruh yang bernilai pendidikan seperti mendidik siswa untuk berfikir kritis, member pengalaman yang bermakna, serta mengembangkan dan memperluas cakrawala berfikir siswa.

  1. Fungsi social

Fungsi social dari media pembelajaran audio visual ini adalah dapat memberikan informasi autentik dalam berbagai bidang kehidupan dan konsep yang sama pada setiap orang. Sehingga hal tersebut dapat memperluas pergaulan, pengenalan, pemahaman tentang orang, cara bergaul, dan adat istiadat.

  1. Fungsi ekonomis

Fungsi ekonomi dapat memberikan sebuah efisiensi dalam mencapai tujuan.salin itu, audio visual ini juga dapat menekan sedikit mungkin penggunaan biaya, tenaga dan waktu tanpa harus mengurangi efektifitas dalam pencapaian tersebut.

  1. Fungsi budaya

Fungsi budaya ini dapat memberikan perubahan-perubahan dalam segi kehidupan manusia,dapat mewariskan serta meneruskan unsure-unsur budaya dan seni yang ada dimasyarakat.

Selain fungsi diatas, ada pendapat lain yang juga menyatakan bahwa ada beberapa fungsi lainya diantaranya,

  1. Lebih efektif
  2. Sebagai integral pembelajaran
  3. Sebagai hiburan
  4. Mempercepat proses pembelajaran
  5. Meningkatkan kualitas pembelajaran

https://sewamobilbali.co.id/tiny-guardians-apk/