Jenis-Jenis Elastisitas Penawaran dan Contohnya

Jenis-Jenis Elastisitas Penawaran dan Contohnya

Jenis-Jenis Elastisitas Penawaran dan Contohnya

Elastisitas penawaran adalah tingkat kepekaan atau dapat juga diartikan tingkat kelenturan penawaran dalam menghadapi perubahan harga. Sedangkan untuk mengukur tinggi rendahnya tingkat kepekaan penawaran digunakan suatu angka yang disebut koefisien elastisitas penawaran yang disimbolkan dengan huruf “Es”. Angka koefisien penawaran  berbentuk bilangan positif, hal ini karena besarnya perubahan harga berbanding lurus dengan besarnya penawaran sebagaimana bunyi hukum penawaran.

Sama seperti halnya elastisitas permintaan, dalam elastisitas penawaran juga terdapat lima jenis elastistas penawaran yaitu penawaran elastis, penawaran in elastis, penawaran uniter, penawaran elastisitas sempurna dan penawaran in elastis sempurna. Selengkapnya tentang jenis elastisitas penawaran adalah sebagai berikut:

a. Penawaran Elastis

Penawaran elastis terjadi bila persentase perubahan penawaran  lebih besar dari persentase perubahan harga. Dengan kata lain apabila harga yang berubah sebesar B% diikuti perubahan  penawaran lebih besar dari B%. Penawaran ini ditunjukkan dengan koefisien (Es) yang  besarnya melebihi angka 1 (Es >1). Contoh barang yang memiliki sifat penawaran elastis adalah barang- barang produksi pabrik yang tidak bergantung pada masa panen dan musim.

b. Penawaran Inelastis

Penawaran inelastis terjadi apabila persentase perubahan penawaran lebih kecil dari persentase perubahan harga. Dengan kata lain, harga yang berubah sebesar B% ternyata diikuti perubahan penawaran kurang dari B%. Penawaran inelastis ditunjukkan dengan koefisien yang besarnya kurang dari 1 (Ed < 1). Barang-barang hasil pertanian memiliki sifat penawaran inelastis karena produk pertanian dibatasi oleh masa panen dan musim.

c. Penawaran Unitary

Penawaran ini terjadi bila persentase perubahan penawaran sama dengan persentase perubahan harga. Dengan kata lain, perubahan harga yang sebesar B% diikuti perubahan penawaran sebesar B% juga. Penawaran ini ditunjukkan dengan koefesien (Es) yang besarnya sama dengan 1 (Es = 1). Penawaran ini bisa terjadi pada berbagai macam barang yang terjadi pada saat tertentu saja (secara kebetulan).

d. Penawaran Inelastis Sempurna

Penawaran ini terjadi bila persentase perubahan penawaran sebesar 0%, sedangkan persentase perubahan harga sebesar B%. Dengan kata lain, walaupun  harga berubah sebesar B%, penawaran tetap tidak berubah (0%). Penawaran ini ditunjukkan dengan koefisien (Es) sebesar 0 (Es = 0). Barang yang sifat penawarannya in elastis sempurna adalah barang yang jumlahnya tidak bisa ditambah walau harga mengalami kenaikan, contohnya tanah. Ini terjadi pada barang yang kapasitas produksinya sudah optimum.

e. Penawaran Elastis Sempurna

Penawaran ini terjadi bila persentase perubahan penawaran sebesar B%, sedangkan persentase perubahan harga sebesar 0%. Dengan kata lain, walaupun harga tidak mengalami perubahan, penawaran mengalami perubahan sebesar B%. Penawaran ini ditunjukkan dengan koefisien elastisitas penawaran yang besarnya ~ (Es = ~). Barang yang bersifat elastis sempurna adalah barang yang pada harga tertentu penawarannya terus mengalami perubahan. Ini terjadi karena pertambahan jumlah produsen, penggunaan mesin-mesin modern dan lain-lain contohnya: VCD, buku gambar, dan lain-lain.

Baca Artikel Lainnya: