Jenis jenis Elastisitas Permintaan dan Contohnya

Jenis jenis Elastisitas Permintaan dan Contohnya

Jenis jenis Elastisitas Permintaan dan Contohnya

Elastisitas permintaan terdiri lima jenis yaitu permintaan elastis, permintaan inelastis, permintaan uniter, permintaan elastis sempurna dan permintaan inelastis sempurna. Penjelasan selengkapnya tentang jenis elastisitas permintaan adalah sebagai berikut:

a. Permintaan Elastis

Permintaan elastis terjadi bila persentase perubahan  permintaan lebih besar dari persentase perubahan harga. Dengan kata lain, harga yang berubah A% diikuti perubahan permintaan lebih dari A%. Permintaan elastisitas ditunjukkan dengan koefisien (Ed) yang  besarnya lebih dari 1 (Ed >1). Barang yang sifat permintaannya elastis adalah barang-barang sekunder dan tersier (mewah) serta barang yang memiliki  substitusi atau pengganti.

b. Permintaan Inelastis

Permintaan inelastis terjadi apabila persentase perubahan permintaan  lebih kecil dari persentase perubahan harga. Dengan kata lain, harga yang berubah sebesar A% ternyata diikuti perubahan permintaan kurang dari A%. Permintaan inelastis ditunjukkan dengan koefisien yang besarnya kurang dari 1 (Ed < 1). Barang yang mempunyai sifat permintaan inelastis adalah barang kebutuhan pokok, misalnya beras, jagung dan sebagainya.

c. Permintaan Unitary

Permintaan unitary terjadi bila persentase perubahan permintaan  sama dengan persentase perubahan harga. Dengan kata lain, harga yang berubah A% diikuti perubahan permintaan sebesar A% juga. Permintaan unitary ditunjukkan dengan koefisien (Ed) yang besarnya sama dengan 1 (Ed = 1). Permintaan ini terjadi pada berbagai macam barang pada saat tertentu secara kebetulan.

d. Permintaan Elastis Sempurna

Permintaan ini terjadi bila persentase perubahan permintaan sebesar A% tetapi persentase perubahan harga sebesar 0% (tidak ada perubahan). Dengan kata lain, walaupun harga tidak berubah, permintaan mengalami perubahan sebesar X%. Permintaan ini ditunjukkan dengan  koefisien (Ed) yang besarnya ~, Contoh barang yang bersifat permintaannya elastis sempurna adalah BBM (bahan bakar minya), seperti bensin, minyak tanah, dan lain-lain.

e. Permintaan Inelastis Sempurna

Permintaan in elastis sempurna terjadi bila persentase perubahan permintaan sebesar 0 % sedang persentase perubahan harga sebesar A%. Dengan kata lain, walau harga berubah X%, permintaan tetap tidak berubah (0%). Permintaan ini ditunjukkan dengan koefisien  elastisitas permintaan (Ed)  yang besarnya sama dengan 0, diperoleh dari Ed = 0.  Barang yang sifat  Permintaannya inelastis sempurna adalah barang yang harganya murah dan relatif tidak penting, seperti ketumbar dan merica.


Sumber:

https://www.sekolahbahasainggris.co.id/