Jenis-Jenis Gaya yang Ada di Sekitar Kita

Kamu kemungkinan sudah sadar apa itu pengertian gaya dan pengaruhnya terhadap benda lain, namun sadar kah kamu jika ada banyak gaya yang ada di kurang lebih kita? Gaya-gaya ini, didalam ilmu fisika, dikelompokkan jadi lebih dari satu jenis. Tergantung kriterianya masing-masing. Hayo, ada yang dapat tebak? Bukan. Gaya kupu-kupu tidak termasuk ya. Itu, mah, gaya didalam berenang.

Berdasarkan langkah kerjanya, gaya dapat dikelompokkan jadi 2 jenis:

1) GAYA SENTUH

Gaya sentuh adalah gaya yang berjalan terhadap sementara pelaku dan penderita bersentuhan (iyalah!). Maksud berasal dari bersentuhan di sini adalah, terjadinya kontak secara fisik pada ke dua pelaku. Contohnya, gaya otot dan gaya pegas.

Wah, apa lagi itu gaya otot dan gaya pegas?

Seperti namanya, gaya otot adalah gaya yang ditimbulkan oleh otot (iyalah! #part2). Seperti misalnya, gaya yang berjalan sementara kamu melempar batu atau menendang bola.

Selama kamu tidak mempunyai kemampuan gaib yang dapat melempar bola tanpa nyentuh, gaya otot yang kamu laksanakan termasuk ke didalam gaya sentuh.

Di segi lain, gaya pegas adalah gaya yang timbul karena tarikan pegas. Misalnya, gaya yang berjalan sementara kamu menarik busur anak panah. Atau sementara jari kamu menekan pulpen yang membawa per di dalamnya. Nah, untuk mengeluarkan si selang bertinta itu, kan, dibutuhkan tekanan terhadap bagian atas pulpennya. Di situ lah gaya pegas terjadi.

2) GAYA TIDAK SENTUH

Gaya tidak sentuh adalah gaya yang kerjanya tidak memerlukan kontak fisik pada ke dua pelakunya. Contohnya, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi.

GAYA BERAT (w) dan GAYA NORMAL (N)

Selain ke dua gaya tadi, ada beberaoa model gaya lain yang lekat kaitannya dengan kehidupan kita. Gaya berat adalah gaya gravitasi yang bekerja terhadap benda yang mempunyai massa. Karena mengacu terhadap gaya gravitasi, maka arah berasal dari gaya berat ini selalu tertuju terhadap pusat bumi. Di mana;

W = m.g

W = berat (N)

M = massa benda (kg)

g = gravitasi (m/g2)

Gaya normal adalah gaya yang bekerja terhadap dua benda yang saling bersentuhan. Satu hal yang perlu diingat berasal dari gaya normal adalah, arah gayanya selalu tegak lurus dengan permukaan bidang sentuh.

GAYA GESEK

Gaya gesek adalah gaya yang melawan gerakan pada dua permukaan yang saling bersentuhan. Itulah kenapa, kala ada satu orang yang naksir pacar temannya, dapat timbul “gesekan” di jalinan pertemanan mereka.

Contoh lain didalam kehidupan kita yang menyebabkan gaya gesek adalah, gaya yang berjalan pada sepatu dengan jalan, piringan rem di roda yang menekan ban sementara kamu mengerem sepeda motor. Tahu kenapa sementara bermain ice skating, kita gampang tergelincir? Hal ini karena gaya gesek yang ada di susunan es lebih sedikit dibandingkan di tanah berbatu. Ya, mana ada, sih, orang kepeleset di aspal. Adanya termasuk kesandung.

Baca Juga :