Jenis-Jenis Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual

Media audio visual ini terbagi menjadi dua macam, yaitu audio visual murni dan tidak murni. Audio visual murni merupakan sebuah media yang memiliki unsure suaramaupun unsure gambar yang bersal dari satu sumber, seperti video kaset. Sementara audio visual tidak murni merupakan sebuah media yang unsure suara dan unsure gambarnya berasal dari sumber yang berlainan. Untuk mengetahui kedua jenis media audio visual tersebut secara detail, bias dilihat melalui uraian sebagai berikut.

  1. Audio visual murni

Audio visual murni atau yang sering disebut dengan audio visual gerak merupakan sebuah media yang dapat menampilkan unsur suara dan gambar yang bergerak. Unsure suara dan unsure gambar tersebut berasal dari suatu sumber. Audio visual murni ini memiliki beberapa contoh media yang perlu diketahui. contoh yang dimaksud tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. film suara
  2. video
  3. televise
  4. Audio visual tidak murni

Audio visual tidak murni merupakan sebuah media yang unsure suara dan gambarnya berasal dari sumber yang berdeba. Audio visual tidak murni ini sering disebut juga dengan audio visual diam plus suara, yaitu media yang menampilkan suara dan gambar diam, seperti sound slide atau film bingkai suara. Slide atau film strip yang ditambah dengan suara bukan alat audio visual yang lengkap, karena suara dan gambar dalam keadaan terpisah.

Untuk itu, slide atau film strip termasuk media audio visual diam plus suara. Gabungan slide atau film bingkai dengan tape audio adalah jenis system multimedia yang paing mudah diproduksi. Media pembelajaran gabungan slide dan tape dapat digunakan pada berbagai lokasi dan untuk berbagai tujuan pembelajaran yang melibatkan gambar-gambar guna menginformasikan atau mendorong lahirnya respons secara emosional. Slide bersuara merupakan suatu inovasi dalm pembelajaran yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran.

Selain itu, slide juga sangat efektif membantu siswa dalam memahami konsep yang abstrak menjadi lebih konkrit. Dengan menggunakan slide yang bersuara sebagai media pembelajaran dalam proses belajar-mengajar,maka dapat menyebabkan semakin banyak indera siswa yang terlibat. Dengan semakin banyaknya indera yang terlibat, maka siswa lebih mudah memahami suatu konsep.

https://manjakani.co.id/crowntakers-apk/