Kedudukan dan Fungsi Pancasila

Pancasila adalah lima nilai dasar luhur yang tersedia dan berkembang bersama dengan bangsa Indonesia sekaligus penggerak perjuangan bangsa pads mass kolonialisme. Hal ini sekaligus jadi warna dan sikap serta pandangan hidup bangsa Indonesia sampai secara resmi terhadap tanggal 18 Agustus 1945 sebagaimana tertuang dalam Pembukaan UUD 1945 disahkan jadi Dasar Negara Republik Indonesia.

Adapun kedudukan dan faedah pancasila selanjutnya sanggup diuraikan sebagai berikut:

1. Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa

Pandangan hidup terdiri atas kesatuan kronologis nilai-nilai luhur merupakan suatu wawasan yang menyeluruh terhadap kehidupan itu sendiri. Pandangan hidup ini berfaedah sebagai :
Kerangka acuan baik untuk menata kehidupan diri khusus maupun dalam hubungan antar manusia dalam masyarakat serta slam sekitarnya.
Penuntun dan penunjuk arah bagi bangsa Indonesia dalam seluruh kegiatan dan kegiatan hidup serta kehidupan di segala bidang.
Oleh dikarenakan itu dalam memasang Pancasila sebagai pandangan hidupnya maka masyarakat Indonesia yang ber-Pancasila senantiasa mengembangkan potensi kemanusiaannya sebagai makhluk individu dan makhluk sosial dalam rangka mewujudkan kehidupan bersama dengan menuju satu pandangan hidup bangsa dan satu pandangan hidup Negara yaitu Pancasila.

2. Pancasila Sebagai Dasar Negara Republik Indonesia

Kedudukan pancasila sebagai dasar negara mengimbuhkan arti bahwa segala suatu hal yang terjalin bersama dengan kehidupan ketatanegaraan Republik Indonesia kudu berdasarkan Pancasila. Juga bermakna bahwa seluruh ketentuan yang berlaku di negara Republik Indonesia kudu bersumber terhadap Pancasila. atau bersama dengan kata lain, Pancasila adalah sumber dari segala sumber hukum. Oleh dikarenakan itu seluruh tindakan kekuasaan atau kekuatan dalam masyarakat kudu berdasarkan ketentuan hukum. Selanjutnya, hukum pulalah yang berlaku sebagai norms di dalam Negara, agar negara Indonesia kudu dibangun jadi sebuah negara hukum.
Sebagai sumber dari segala sumber hukurn atau sebagai sumber teratur hukum maka Pancasila tercantum dalam keputusan tertinggi yaitu Pembukaan UUD 1945, lantas dijabarkan lebih lanjut dalam pokok-pokok asumsi yang meliputi suasana kebatinan dari UUD 1945, serta hukum positip lainnya.

Kedudukan Pancasila sebagai dasar negara sanggup dirinci sebagai selanjutnya :
Pancasila sebagai dasar negara adalah merupakan somber dari segala sumber hukum (sumber teratur hukum) Indonesia.
Pancasila merupakan asas kerohanian teratur hukum Indonesia yang dalam Pembukaan UUD 1945 dij abarkan dalam empat pokok pikiran.
Mewujudkan cita-cita hukum bagi hukum dasar negara baik hukum dasar tertera maupun tidak tertulis.
Pancasila punya kandungan norms yang mengharuskan UUD 1945 punya kandungan isi yang mewajibkan pemerintah dan lain-lain penyelenggara negara juga para penyelenggara partai dan golongan fungsional memegang teguh cita-cita moral rakyat yang luhur.
Pancasila merupakan sumber motivasi bagi UUD 1945, Penyelenggara Negara, Pelaksana Pemerintah juga penyelenggara partai dan golongan fungsional.
3. Pancasila Sebagai Ideologi Bangsa dan Negara Indonesia

Berdasarkan etimologinya, ideologi berasal dari bhs Yunani yang terdiri dari dua kata yaitu idea bermakna rant muka, perawakan, gagasan dan buah asumsi dan logis bermakna ajaran. Dengan demikian ideologi adalah ajaran atau pengetahuan mengenai gagasan dan buah asumsi atau science des ideas. Pengertian Ideologi secara umum adalah suatu kumpulan gagasan, ide, keyakinan serta keyakinan yang bersifat sistematis yang mengarahkan tingkah laku seseorang dalam berbagai bidang kehidupan seperti:
Bidang politik, juga bidang hukum, pertahanan dan keamanaan.
Bidang sosial
Bidang kebudayaan
Bidang keagamaan
Maka ideologi negara dalam arti cita-cita negara atau cita-cita yang jadi basis bagi suatu teori atau proses kenegaraan untuk seluruh rakyat.

4. Pancasila sebagai Pemersatuan Bangsa

Bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai macam-macam suku pun bukan jadi suatu pembeda bagi warga negara Indonesia, justru ini dijadikan nilai positif bagi Indonesia sebagai negara yang beragam suku dan budaya. Semboyan Bhineka Tunggal Ika yang bermakna walaupun berbeda-beda tapi senantiasa satu jua adalah prinsip kuat bangsa Indonesia walaupun Indonesia adalah bangsa majemuk yang multi agama, multi bahasa, multi budaya dan multi ras.

Sumber : https://tutorialbahasainggris.co.id/

Baca Juga :