Keunikan Taman Nasional Pulau Komodo

Keunikan Taman Nasional Pulau Komodo

Keunikan Taman Nasional Pulau Komodo

Pada post yang lalu kita telah mengetahui mengenai definisi Telematika. Pada Post kali ini akan dibahas mengenai arsitektur Klien-server telematika. Arsitektur klien-server telematika terdiri dari 2 buah arsitektur yakni, arsitektur sisi client dan sisi servernya.

 

Asitektur Sisi klien

Istilah ini merujuk pada pelaksanaan atau penyimpanan data pada browser (atau klien) sisi koneksi HTTP. JavaScript adalah sebuah contoh dari sisi klien eksekusi, dan cookie adalah contoh dari sisi klien penyimpanan. Lihat Cookie, Server Side.

Karakteristik Klien :

Selalu memulai permintaan ke server.
Menunggu balasan.
Menerima balasan.
Biasanya terhubung ke sejumlah kecil dari server pada satu waktu.
Biasanya berinteraksi langsung dengan pengguna akhir dengan menggunakan antarmuka pengguna seperti antarmuka pengguna grafis.
Khusus jenis klien mencakup: web browser, e-mail klien, dan online chat klien.

Arsitektur Sisi Server

Sebuah eksekusi sisi server adalah server Web khusus eksekusi yang melampaui standar metode HTTP itu harus mendukung. Sebagai contoh, penggunaan CGI script sisi server khusus tag tertanam di halaman HTML; tag ini memicu tindakan terjadi atau program untuk mengeksekusi.

 

Karakteristik Server:

Selalu menunggu permintaan dari salah satu klien.
Melayani klien permintaan kemudian menjawab dengan data yang diminta ke klien.
Sebuah server dapat berkomunikasi dengan server lain untuk melayani permintaan klien.

Jenis server khusus mencakup: web server, FTP server, database server, E-mail server, file server, print server. Kebanyakan web layanan ini juga jenis server.
Jadi, secara umum Arsitektur Klien-server atau jaringan komputer adalah sebuah aplikasi terdistribusi arsitektur yang partisi tugas atau beban kerja antara penyedia layanan (server) dan pelayanan pemohon, disebut klien. Sering kali klien dan server beroperasi melalui jaringan komputer pada hardware terpisah. Sebuah mesin server adalah performa tinggi host yang menjalankan satu atau lebih program server yang berbagi sumber daya dengan klien. Seorang klien tidak berbagi apapun dari sumber daya, tetapi meminta server layanan konten atau fungsi. Oleh karena itu klien memulai sesi komunikasi dengan server yang menunggu (mendengarkan) masuk permintaan.

Dalam perkembangannya, client/ server dikembangkan oleh dominasi perusahaan software besar yaitu Baan, Informix, Lotus, Microsoft, Novell, Oracle, PeopleSoft, SAP, Sun, dan Sybase. Perusahaan-perusahaan ini adalah superstar pada era pertama dimunculkannya konsep client/ server. Facebook (jejaring social) selain dapat digunakan untuk menjalin pertemanan dan komunikasi ternyata dapat juga dijadikan sebagai wadah informasi yang cukup mudah dan efektif bagi penggunanya. Contohnya seperti yang saya alami, saat sedang asyik mengupdate status FB ada salah link (group) yang bertuliskan “Dukung Pulau Komodo Sebagai Salah Satu Keajaiban Dunia”.Merasa tertarik saya pun melihat dan mencari (browsing) informasi yang lebih lengkap pada mesin penjawab segala pertanyaan a.K.a Google ^^.

Dulu waktu saya masih sekolah di bangku SD, Candi Borobudur termasuk ke dalam jajaran 7 keajaiban dunia. Lantas kenapa candi Borobudur gak masuk sebagai salah satu kandidat yaa..???. Usut punya usut ternyata pada saat New7Wonder Foundation mengadakan voting lewat internet Candi Borobudur kurang dikenal secara internasional Dan saat diadakan voting lagi Indonesia menjagokan Taman Nasional Pulau Komodo sebagai finalis 7 keajaiban dunia pada kategori E (forest/national park/nature reserves) karena masih bertahan.

Jadi, penasaran ada apa aja ya di Taman Nasional Pulau komodo dan keunikan apa yang dimiki Taman Nasional Pulau komodo ini. Yang jelas di Taman Nasional Pulau Komodo ini dah pasti terkenal dengan Hewan Komodo, sejenis hewan reptile(melata) yang cuma bisa ditemui disini. Untuk informasi lebih jelas mengenai Taman Nasional Komodo bisa langsung diklik di www.nttprov.go.id disini bisa diketahui lebih jelas mengenai keunikan Taman Nasional Komodo yang terletak di propinsi NTT.
Dan, untuk mengetahui asal usul komodo itu sendiri ternyata menurut penelitian komodo bukan hewan asli dari Indonesia tapi berasal dari daratan australia untuk lebih lengkapnya bisa lihat pada www.tvone.co.id.

Wah…wah… Indonesia ternyata memiliki banyak potensi alam yang cukup menarik dan kaya untuk kita pelajari dan ketahui. Hmm… mungkin karena kurangnya sosialisasi dan informasi banyak yang tidak mengetahui keindahan dan keunikan yang dimiliki oleh bangsa kita ini. Semoga bidang pariwisata di Indonesia terus ditingkatkan dengan makin banyaknya sosialiasasi dan informasi mengenai daerah-daerah wisata, mudahnya akomodasi dengan biaya yang cukup terjangkau bagi masyarakat umum ($_$).

Kawan, mari kita dukung Taman Nasional Taman Komodo sebagai salah satu dari 7 Keajaiban Dunia. Voting Taman Nasional Pulau Komodoat ini perusahaanperusahaan ini telah menjadi perusahaan komputer yang stabil dan besar.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai beberapa kolaborasi arsitektur sisi client dan sisi server :

1) Arsitektur Single- Tier

Definisi satu-tier arsitektur, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini, adalah bahwa semua komponen produksi dari sistem dijalankan pada komputer yang sama. Ini adalah sederhana dan paling mahal alternatif. Ada kurang perlengkapan untuk membeli dan mempertahankan. Kelemahan dari jenis ini pelaksanaan keamanan lebih rendah dan kurangnya skalabilitas. Sebuah arsitektur skalabel ketika dapat dengan mudah diperluas atau ditambah untuk memenuhi kebutuhan peningkatan kinerja.

Setelah semua komponen utama situs dan data di satu komputer di belakang firewall daun domain situs lebih rentan terhadap serangan berbahaya. Menjalankan semua komponen situs pada sebuah komputer juga membatasi ekspansi dan optimalisasi kemungkinan. Anda hanya dapat menambahkan begitu banyak memori atau begitu banyak CPU untuk sebuah server tunggal.

Sumber : https://www.tapscape.com/how-blogging-has-become-a-world-wide-success/?fbclid