Ada banyak sekali mitos kesehatan yang dipercaya oleh warga namun belum tentu bisa dipastikan kebenarannya secara medis. Sebagai contoh, banyak orang yang mengaku percaya bahwa kebiasaan minum kopi bersamaan menggunakan makan semangka bisa membahayakan kesehatan & bahkan dianggap mampu memicu kematian. Sebenarnya, apakah mitos ini sesuai dengan keterangan kesehatan?

Pakar kesehatan Jansen Ongko, MSc RD menjelaskan bahwa agama bahwa makan semangka sembari minum kopi sanggup membahayakan kesehatan ternyata termasuk dalam mitos yg tidak perlu kita percayai.

“Banyak orang yang bertanya kepada saya tentang agama bahwa semangka nir boleh dikonsumsi bersamaan dengan minum kopi. Menurut saya hal ini tidak benar. Aktivitas ini tidak akan memberikan imbas berbahaya bagi kesehatan,” tutur Jansen.

Meskipun begitu, Jansen pula mengingatkan bahwa minum kopi mampu mengganggu proses penyerapan zat besi yang asal menurut bahan makanan lainnya. Padahal, zat besi sangat diharapkan untuk proses pembentukan sel darah & mencegah datangnya anemia. Selain itu, mengonsumsi semangka & minum kopi tampaknya bukan kombinasi makan yang cocok karena rasa dari keduanya yg relatif kontras. Bisa jadi kita justru akan merasa kurang nyaman bila mengonsumsi keduanya pada saat yg berdekatan.

Alih-alih mengkhawatirkan mitos makan semangka dan minum kopi, pakar kesehatan justru mengingatkan kita buat meragukan bahaya berdasarkan kebiasaan minum kopi sambil merokok. Kebiasaan ini banyak dilakukan para pekerja yang membutuhkan inspirasi segar atau mereka yg sedang ngobrol bersama dengan rekan-rekan beserta di kafe atau loka makan.

Menurut pakar kesehatan, nikotin menurut rokok dan kafein menurut kopi sama-sama mampu menaruh efek menciptakan denyut jantung menjadi lebih cepat. Padahal, apabila hingga jantung bekerja menggunakan terlalu keras, maka hal ini tentu akan membuatnya lebih rentan buat mengalami kerusakan. Bahkan, telah terdapat penelitian yang mengambarkan bahwa kebiasaan merokok sambil minum kopi bisa menyebabkan gangguan jantung & pembuluh darah seperti hipertensi, & sanggup menaikkan risiko diabetes.

Merokok juga sudah dikenal luas menjadi penyebab utama datangnya banyak sekali penyakit kanker. Lantaran alasan inilah, ada baiknya kita menghindari rokok dan mulai membatasi konsumsi kopi agar tidak berlebihan setiap hari.

Baca Juga: