Mendikbud Buka Pameran Literasi Tahun 2018

Mendikbud Buka Pameran Literasi Tahun 2018

Mendikbud Buka Pameran Literasi Tahun 2018

Mendikbud Buka Pameran Literasi Tahun 2018

Kemendikbud — Memperingati Hari Kartini, Hari Buku Sedunia, dan Hari Pendidikan Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggelar pameran literasi, bazar buku dan alat permainan edukatif (APE) serentak di 33 provinsi di Indonesia. Acara ini dibuka secara resmi oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy di Tempat Baca Masyarakat (TBM) Rumah Duniaļ¼ŒKota Serangļ¼ŒProvinsi Banten, Sabtu (21/4/2018).

“Membaca membuka cakrawala dunia. Dengan membaca kehidupan ini menjadi

terang benderang, sebagaimana surat-surat atau tulisan Ibu Kartini yang berjudul Habis Gelap Terbitlah Terang,” kata Mendikbud saat membuka pameran literasi ini.

Mendikbud juga menekankan pentingnya memahami apa yang dibaca, bukan sekadar membaca. Jadi, membaca berbeda dengan mengenal huruf-huruf, tetapi membaca adalah memahami kalimat-kalimat yang dibaca. “Sama juga dengan membaca Alquran itu, jangan hanya sekadar baca,” imbau Muhadjir.

Mendikbud menambahkan bahwa literasi tidak melulu hanya baca tulis. Jika dilihat dari aspeknya ada banyak: literasi bahasa, literasi hitung, digital, kewarganegaraan, perbankan, lingkungan, dan sebagainya. “Kita dalam literasi tergolong rendah. Pertama karena gerakan literasi masif baru dilakukan sejak 1973, dimulai dengan pembangunan SD Inpres zaman Pak Harto,” kata Mendikbud menambahkan.

Dalam kesempatan tersebut, Mendikbud sangat mendukung peringatan Hari Buku

Sedunia yang dilakukan bersamaan dengan peringatan Hari Kartini, sekaligus memperingati Hari Pendidikan Nasional. Ia juga mengapresiasi para relawan Gerakan Literasi Nasional yang menggagas acara di Serang Banten ini.

Selain pameran dan bazar buku, acara di ibukota Provinsi Banten ini juga diisi berbagai kegiatan untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Kegiatan-kegiatan tersebut seperti peluncuran 40 buku, diskusi literasi, aksi literasi, perlombaan menulis esai, bioskop keliling, dan lain-lain.

Pada kegiatan yang bertema “Literasi Bagi Negeri” ini, digelar juga diskusi tentang

literasi. Hadir dalam diskusi ini, sejumlah pegiat literasi seperti Najwa Shihab (Duta Baca Indonesia), Sofie Dewayani ( Yayasan Litara), Roosie Setiawan (Reading Bugs), Kiswanti (TBM Warabal), Tias Tatanka (TBM Rumah Dunia), dan lain-lain. Selain itu, turut hadir juga Kepala Perpustakaan Nasional Syarif Bando, Dirjen PAUD Dikmas Kemendikbud Harris Iskandar, dan Ketua Gerakan Literasi Nasional Kemdikbud Dadang Sunendar. (Nur Widiyanto)

 

Sumber :

http://www.macrothink.org/journal/index.php/ajfa/comment/view/11810/10136/10717