Mengenal 5 Fitur Baru Aplikasi Zoom 5.0 untuk Tingkatkan Keamanan

Mengenal 5 Fitur Baru Aplikasi Zoom 5.0 untuk Tingkatkan Keamanan

 

Mengenal 5 Fitur Baru Aplikasi Zoom 5.0 untuk Tingkatkan Keamanan

Mengenal 5 Fitur Baru Aplikasi Zoom 5.0 untuk Tingkatkan Keamanan

Aplikasi video conferences Zoom telah memperbaharui fitur-fiturnya dalam aplikasi Zoom 5.0.

Zoom menjadi lebih populer di masa pandemi virus Corona jenis baru, COVID-19 yang mengharuskan para pekerja bekerja dari rumah dan menggunakan aplikasi panggilan video untuk menunjang kebutuhan pekerjaan mereka.

Sebagaimana ditulis dalam situs Zoom, aplikasi terbaru Zoom 5.0 tersebut dapat diunduh secara umum baik bagi para pengguna iOS, Android, Mac, maupun Windows, dengan berbagai fitur-fitur keamanan baru yang telah diperbaharui.

Berikut adalah 5 fitur baru dalam Zoom 5.0 yang dapat dimanfaatkan oleh para penggunanya:

1. Enkripsi GCM 256-bit AES

Zoom 5.0 telah didukung oleh enkripsi GCM 256-bit AES. Pengaktifan akun di seluruh sistem enkripsi GCM akan dilakukan pada 30 Mei 2020 mendatang. Sementara itu, hanya klien Zoom 5.0 atau yang lebih baru yang dapat masuk dan bergabung dalam rapat menggunakan aplikasi Zoom mulai 30 Mei tersebut.

Dengan menggunakan standar enkripsi GCM 256-bit AES ini, pengguna dapat meningkatkan perlindungan terhadap data rapat dan tahan terhadap gangguan selama rapat. Hal ini tentu saja akan memberikan jaminan integritas pada rapat melalui Zoom, Zoom Video Webinar, dan data Zoom Telepon.

2. Fitur ‘Laporkan Pengguna’

Penginisiasi rapat dapat melaporkan pengguna dalam rapat yang dilakukan apabila diketahu pengguna tersebut telah menyalahgunakan platform Zoom. Fitur ini dapat ditemui dalam ikon ‘Keamanan’.

Anda dapat melaporkan adanya penyalahgunaan tersebut pada tim Zoom ’ Trust & Safety’ untuk ditinjau lebih lanjut. Laporan tersebut dapat mencakup pelanggaran spesifik, deskripsi, dan tangkapan layar secara opsional.

Fungsi ‘Laporkan Pengguna’ akan diaktifkan secara default tetapi dapat dimatikan pada tingkat akun, grup, dan pengguna di portal web Zoom.

3. Ikon enkripsi baru

Pembaruan sistem enkripsi yang dilakukan menggunakan enkripsi GCM akan membuat ikon perisai enkripsi baru muncul di kiri atas jendela Zoom Meeting. Ikon tersebut akan menunjukkan rapat aman yang telah dienkripsi.

Setelah 30 Mei, perisai akan berubah menjadi berwarna hijau untuk semua pengguna, menunjukkan peningkatan enkripsi GCM. Apabila Anda mengklik ikon tersebut, Anda akan masuk ke halaman statistik untuk detail enkripsi tambahan.

4. Peningkatan Informasi Pusat Data

Host rapat dapat memilih wilayah pusat data pada saat menjadwalkan rapat dan webinar. Di sisi lain, para klien Zoom juga dapat menunjukkan pusat data mana yang terhubung dengan Anda di ikon Info di kiri atas jendela Zoom. Anda bisa mendapatkan detail tambahan dalam rapat dengan memilih Pengaturan Video, lalu ketuk Statistik dalam kontrol rapat.

5. Peningkatan untuk mengakhiri dan meninggalkan rapat

Zoom 5.0 telah menyempurnakan tindakan mengakhiri atau meninggalkan rapat Zoom dengan membuatnya lebih mudah dan juga lebih aman dilakukan. Dengan pembaruan UI baru, host dapat dengan jelas memutuskan antara mengakhiri atau meninggalkan rapat.

Jika host rapat pergi, para anggota rapat dapat dengan mudah memilih host rapat baru serta memiliki hak sebagai host.

Sumber:

https://littlehorribles.com/island-village-apk/