Menggagas Lesson Study di SMP Negeri

Menggagas Lesson Study di SMP Negeri

Menggagas Lesson Study di SMP Negeri

Menggagas Lesson Study di SMP Negeri

Lesson Study boleh dikatakan merupakan sebuah konsep baru dalam dunia pendidikan kita dan hingga sejauh ini tampaknya belum semua guru mengenal dan  mempraktikkan Lesson Study  sebagai sebuah upaya  untuk meningkatkan kemampuan profesional guru dan memperbaiki mutu pembelajaran siswa di sekolah. Mungkin karena alasan itulah,  pada hari Kamis 25 Pebruari 2010, SMP Negeri 1 Kadugede-Kabupaten Kuningan menyelenggarakan workshop tentang Lesson Study dan Model-Model Pembelajaran, dengan tujuan untuk mendesiminasikan Lesson Study dan mengembangkan Model-Model Pembelajaran Inovatif di kalangan guru-guru SMP Negeri 1 Kadugede.

Dalam kesempatan ini dihadirkan dua pembicara dari Pengawas Sekolah Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Kuningan, yaitu Drs. Kasid yang menyampaikan materi tentang Model-Model Pembelajaran Inovatif dan saya sendiri yang diminta untuk membicarakan dan membahas tentang Lesson Study.

Terkait dengan penyajian saya dalam workshop ini, saya mengambil judul : “Lesson Study : Sebuah gagasan untuk meningkatkan mutu proses dan hasil pembelajaran siswa di SMP Negeri 1 Kadugede”. Materi penyajian dikemas dalam bentuk tayangan power-point yang disertai dengan penyajian ice break dalam bentuk tayangan video yang diambil dari internet.

Selain memaparkan dan mendiskusikan tentang konsep lesson study itu sendiri, — yang materinya saya ambil dari tulisan yang telah saya publish dalam blog ini-, terutama saya lebih menekankan pada pemotivasian tentang pentingnya menyelenggarakan Lesson Study untuk meningkatkan mutu pembelajaran.

Selama penyajian, saya melihat ternyata peserta sangat entusias untuk mengetahui lebih jauh tentang Lesson Study ini, terbukti dengan adanya berbagai pertanyaan yang muncul dari para peserta, baik yang berkaitan dengan konsep Lesson Study maupun teknis operasionalnya.

Di akhir acara penyajian, ketika moderator (Pak Oos Suhara)  menawarkan tentang siapa-siapa saja diantara peserta yang  berkeinginan menindaklanjuti dan mengimplementasikan Lesson Study di SMP Negeri 1 Kadugede, sungguh diluar dugaan ternyata hampir seluruh peserta mengacungkan tangan tanda bahwa mereka siap dan setuju untuk ber-lesson study.

Tentunya hal ini merupakan kegembiraan tersendiri bagi saya sekaligus menjadi tantangan bagi saya dan pihak manajemen sekolah untuk dapat mengakomodir harapan dan keinginan dari para peserta, agar lesson study yang digagas pada acara workshop ini benar-benar dapat menjadi kenyataan dan berbuah pada terciptanya peningkatan kemampuan profesional guru dan mutu pembelajaran siswa di sekolah.