Munculnya ketimpangan di berbagai bidang

Model  pembangunan  yang  ideal  adalah  model pembangunan  yang  diikuti  dengan  pemerataan  akan  hasil-hasil pembangunan  di  segala  bidang  dan  antar  daerah.  Namun,  pada kenyataannya  pembangunan  seringkali  melahirkan  berbagai macam  ketimpangan-ketimpangan.  Munculnya  berbagai ketimpangan  ini,  tidak  terlepas  dari  keterbatasan  dana  dan manajemen  yang  dimiliki,  namun  demikian  hambatan  ini sebetulnya bukalah alasan utama untuk terjadinya ketimpangan. Penentuan skala prioritas dalam pembangunan (akibat dari dana  yang terbatas) harus benar-benar dilakukan  secara adil dan merata.  Seringkali yang  terjadi  adalah  pemilihan  prioritas berdasarkan  pada  adanya  kepentingan  politik  maupun  pribadi.

Sehingga  tidaklah  mengeherankan  apabila  di  negara  sedang berkembang  tumbuh  dengan  suburnya  masalah  kemiskinan, penganggguran dan kesenjangan pembangunan antar daerah atau wilayah.

Meningkatnya kaum urban

Model  pembangunan  yang  timpang,  dapat  menimbulkan berbagai  gejolak  sosial  dalam  masyarakat.  Model  pembangunan yang  banyak  berfokus  di  kota  jelas  akan  menimbulkan  rasa  iri bagi  penduduk  di  pedesaan   Kehidupan yang yang dianggapnya jauh lebih baik  dilihat  dari  sisi  pendapatan  akan  mendorong penduduk desa untuk beramai-ramai pindah ke kota dan mencari pekerjaan  di  kota. Oleh karena  itu  tidaklah  heran  daerah-daerah dengan tingkat  konsentrasi  industri  yang  tinggi,  sudah  dapat dipastikan  jumlah  penduduk  pendatangnya  jauh  lebih  besar daripada penduduk aslinya.

Sumber :

https://vhost.id/tantang-rift-samsung-luncurkan-headset-vr-hmd-odyssey/