PENGEMBANGAN PROGRAM BIMBINGAN PERKEMBANGAN PERILAKU SOSIAL

PENGEMBANGAN PROGRAM BIMBINGAN PERKEMBANGAN PERILAKU SOSIAL

PENGEMBANGAN PROGRAM BIMBINGAN PERKEMBANGAN PERILAKU SOSIAL

PENGEMBANGAN PROGRAM BIMBINGAN PERKEMBANGAN PERILAKU SOSIAL

Penelitian ini dilakukan berdasarkan pengamatan pada anak usia dini di kelompok bermain. Banyak anak pada usia dini menunjukkan perilaku sosial yang belum optimal. Hal ini terjadi karena perlakuan orang tua dalam memperlakukan anak usia dini yang kurang kondusif dan pelaksanaan layanan bimbingan perkembangan perilaku sosial anak usia dini di kelompok bermain yang belum terprogram secara sistematis dan terarah.
Tujuan akhir penelitian ini adalah mengembangkan program layanan bimbingan perkembangan perilaku sosial anak usia dini di kelompok bermain. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan mengunakan metode studi kasus. Prosedur penelitian melalui lima tahapan, yaitu : 1) pengungkapan data tentang kondisi obyektif lapangan, 2) kajian konseptual tentang perilaku sosial anak usia dini di kelompok bermain, 3) perumusan pengembangan program hipotetik tentang layanan bimbingan perkembangan perilaku sosial anak usia dini di kelompok bermain, 4) validasi rasional melalui seminar dan lokakarya (semiloka), 5) rekomendasi rumusan program akhir.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku sosial anak usia dini di kelompok bermain belum optimal dalam hal : aspek empati dan membagi, seperti : belum mampu mau menghargai sesama teman dan belum mampu mau berbagi sesama teman. Perlakuan orang tua dalam memperlakukan anak usia dini di kelompok bermain, cenderung orang tua berlangsung dalam perlakuan terlalu melindungi (overprotection) sehingga anak menjadi manja dan berdampak pada perilaku sosial anak yang belum optimal. Pelaksanaan layanan bimbingan belum terprogram secara sistematis dan terarah, bimbingan hanya bersifat kasuistik, karena tenaga pendidik lebih mementingkan pengajaran daripada kegiatan bimbingan.
Bertolak dari hasil penelitian, diajukan rekomendasi kepada Kelompok Bermain Aryandini berupa pengembangan program bimbingan perkembangan perilaku sosial anak usia dini di kelompok bermain yang sudah divalidasi melalui seminar dan lokakarya, yang meliputi : rasional, visi, misi, tujuan layanan bimbingan, ruang lingkup bimbingan, metode, waktu dan tempat pelaksanaan bimbingan, komponen program bimbingan, jenis layanan bimbingan, evaluasi bimbingan dan program layanan bimbingan.

Sumber : https://furnituremebeljepara.co.id/