Call us : 1-000-123-4567
Mail us : email@i-create.com

Pengertian Algoritma dan Sejarahnya Terlengkap

Pengertian Algoritma

Pemahaman algoritma adalah pengaturan logis dan sistematis yang digunakan untuk memecahkan masalah yang terjadi atau tertentu. Dengan demikian, dalam setiap urutan logis yang diurutkan berdasarkan skema pemecahan masalah tertentu, dapat diklasifikasikan sebagai algoritma.

Contohnya seperti langkah-langkah memasak mie instan, langkah sistematis yang digunakan dalam memasak mie instan, dapat dikategorikan ke dalam algoritma, karena masalahnya adalah untuk menyelesaikan masalah kelaparan yang dialami seseorang dengan memasak mie instan.

Dalam dunia komputer, algoritma adalah workstation komputer yang berisi serangkaian instruksi yang telah diintegrasikan ke dalam perangkat otak, perangkat lunak, dan perangkat keras. Jika Anda tidak menggunakan bagian mana pun dari sistem, komputer tidak dapat beroperasi.

pengertian algoritma

Algoritma dalam pemrograman

Dalam dunia pemrograman, algoritma ini digunakan untuk membuat semacam perangkat lunak yang digunakan pada komputer. Dalam aplikasinya, sistem algoritmik untuk memproduksi perangkat lunak biasanya digunakan dengan berbagai jenis bahasa pemrograman seperti Java, C ++, PHP, HTML, dan bahasa pemrograman lainnya.

Jika Anda tidak menggunakan algoritma yang benar, sintaks atau pengaturan pengkodean dalam bahasa pemrograman yang dirancang tidak akan berfungsi. Karena semua sintaks atau pengkodean yang dibuat dengan bahasa pemrograman di atas harus sepenuhnya dirancang dengan algoritma yang tepat.

Dalam aktivitas membuka perangkat lunak aplikasi dalam fungsi perangkat lunak yang dibuat oleh pengembang, semua fungsi perangkat lunak dirancang oleh algoritma pemrograman.

Anda harus ingat! bahwa algoritma ini sangat berbeda dari logaritma dalam matematika. Algoritma adalah urutan atau langkah sistematis untuk memecahkan masalah tertentu, sedangkan logaritma dalam matematika adalah kebalikan dari eksponensial atau pangkat.

Meskipun berbeda di setiap kasus pemrograman, logaritma sering digunakan sebagai bagian dari algoritma pemrograman.

Sejarah algoritma

Algoritma ini berasal dari nama penulis buku tersebut, yaitu Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa al-Khwarizmi dari kota Uzbekistan. Orang Barat menyebut nama Al-Khwarizmi sebagai algorisme.

Kemudian Al-Khwarizmi menulis sebuah buku berjudul Al Jabar wal-Muqabala, yang berarti “Kitab Restorasi dan Pengurangan”. Dalam salah satu judul buku kami telah menerima kata “aljabar” atau aljabar secara umum.

Abu Abdullah Ibn Musa al-Khawarizmi (770-840 m) lahir pada 770 M di kota Khawarizm (Kheva) selatan Oxus (sekarang kota Uzbekistan)

Al Khawarizmi adalah salah satu ilmuwan paling terkenal pada masanya. Dia telah menemukan banyak cabang matematika, termasuk astronom dan ahli geografi.

Pada zaman kuno, algoritma adalah istilah yang merujuk pada aturan aritmatika yang dapat menyelesaikan masalah dengan angka Arab.

Sumber dikutip dari : https://ilmubelajar.com

Baca Juga :