Pengertian Biografi Tokoh beserta Contohnya

Pengertian Biografi Tokoh beserta Contohnya

Pengertian Biografi Tokoh beserta Contohnya

Pengertian Biografi Tokoh beserta Contohnya

Pengertian Biografi

 Biografi berasal dari bahasa Yunani, bios yang memiliki arti hidup dan graphien yang berarti tulis. Biografi merupakan sebuah tulisan yang membahas tentang kehidupan seseorang. Secara sederhana, biografi dapat di artikan sebagai sebuah kisah riwayat hidup seseorang.

Biografi sendiri dapat berbentuk hanya beberapa baris kalimat saja, namun biografi tersebut dapat lebih dari 1 buku.

Biografi singkat hanya menjelaskan tentang fakta-fakta dari kehidupan seseorang serta peran pentingnya. Biografi panjang meliputi informasi-informasi yang bersifat penting namun dikisahkan dengan lebih mendetail serta dituliskan dengan gaya cerita yang baik.

 Biografi adalah kisah atau keterangan tentang kehidupan seseorang.  Sebuah biografi lebih kompleks daripada sekedar daftar tanggal lahir atau mati dan data-data pekerjaan sseorang,biografi juga bercerita tentang perasaan yang terlibat dalam mengalami kejadian-kejadian tersebut.

 

Beografi Tokoh

Ada dua hal dalam biografi yang secara konsep bisa dikembangkan menjadi soal pilihan ganda, yaitu keistimewaan dan keteladanan tokoh.

1.    Keistimewaan tokoh

Keistimewaan tokoh adalah kelebihan yang dimiliki oleh tokoh. Dalam kamus besar Bahasa Indonesia kata istimewa memilikitiga makna, yaitu :

  1. Khas (khusus),
  2. Lain daripada yang lain (luar biasa),
  3. Terutama (lebih-lebih).

Berdasarkan tiga makna tersebut keistimewaan tokoh dapat dimaknai hal-hal yang khusus atau luar biasa pada diri tokoh yang tidak dimiliki orang lain.

2.    Keteladanan tokoh

Keteladanan tokoh merupakan hal yang patut dicontoh pada diri tokoh. Dalam kamus besarBahasa Indonesia kata teladan dimaknai sebagai sesuatu yang patut ditiru atau baik untuk dicontoh tentang perbuatan, kelakuan, dan sifat. Dalam soal ujian, keteladanan tokoh diidentifikasi sebagai sifat baik yang perlu dicontoh pada diri tokoh.

Contoh kutipan beografi

Ebit G. Ade lahir di Wanadadi Banjar negara, 21 April 1954. Ia anak termuda dari 6 bersaudara. Ayah nya seorang PNS dan ibunya seorang pedagang kain. Ebit bercita-cita menjadi insinyur, dokter, pelukis, namun cita-cita tidak kesampaian karna ketiadaan biaya. Dengan modal bakat dan kegigihan, ebit memilih membuat puisi lalu melagukan puisa-puisanya sehingga ia dikenal sebagai penyanyi pop balada. Karyanya, sekitar 25 album kompilasi yang diproduksi oleh berbagai perusahaan rekaman. Akhirnya, ia sukses sebagai musisi sekaligus penyanyi.
Hal yang patut diteladani pada tokoh tersebut adalah “kegigihan dalam meraih sukses”

Pembahasan :

Keteladanan seorang tokoh merupaka sifat/perilaku baik yang layak ditiru. Kegigihan dalam meraih sukses merupakan teladan dan patut dicontoh. Bermodal bakat dan kegigihan ….

 

Baca Artikel Lainnya: