Pengertian Riset Pemasaran

Pengertian Riset Pemasaran

Pengertian Riset Pemasaran

Pengertian Riset Pemasaran

 

Riset pemasaran sangatlah erat hubungannya

Dalam proses pemasaran. Hal ini disebabkan oleh adanya keharusan untuk menyesuaikan antara pengembangan yang menguntungkan dari perusahaan dengan kebutuhan pelanggan. Agar proses penyesuaian ini berjalan efektif, diperlukan arus informasi dua arah antara perusahaan dan pelanggan. Inilah peran riset pemasaran.

Ada beberapa bentuk riset pemasaran yang dapat menjadi bahan pertimbangan, yaitu:

1. Internal-analisis catatan penjualan, tingkat periklanan, harga versus volume, dan sebagainya.
2. Eksternal-menggunakan sumber daya di luar organisasi untuk melengkapi riset internal.
3.Reaktif-jawaban kuisioner, wawancara terstruktur, dan sebagainya..
4. Non reaktif-interpretasi terhadap fenomena yang diamati, misalnya merekam pelanggan di toko, mendengarkan panel pelanggan, dan sebagainya ..

Ada beberapa kelemahan dari solusi-solusi

diatas tersebut. contohnya, catatan penjualan dapat memberikan wawasan yang berharga, tetapi tidak dapat meramalkan kinerja dengan baik karena terbatas pada kinerja historis. Wawancara telepon dapat dilakukan dengan cepat dan relatif tidak mahal, tetapi jumlah informasi teknis yang dapat diperoleh terbatas. Titik awal dari setiap program riset pemasaran sebaiknya merupakan penelitian tentang bahan-bahan yang ada, terutama dengan sarana riset.

Jika dikombinasikan dengan informasi penjualan internal

maka informasi yang tersedia dari informasi yang didapat bisa menjadi metode riset yang paling kuat yang terbuka untuk suatu perusahaan. Pengumpulan data hanyalah langkah awal dalam riset pemasaran. Data harus diuji lagi sebelum menjadi informasi yang relevan, dan informasi itu akan relevan jika perusahaan sudah mempunyai tujuan.

Sumber : https://pendidikan.co.id/