pengertian virus komputer

Pengertian Virus Komputer

virus komputer adalah aplikasi atau program pada komputer yang dapat merusak program komputer, atau juga dapat merusak dokumen data yang terdapat pada komputer, virus komputer membuat pengguna merasa bermasalah atau tidak memprovokasi pengaruh.

Virus terkomputerisasi tidak jauh berbeda dari virus biologis yang menyebar dengan memasukkan ke dalam sel makhluk hidup yang mereka targetkan. dan cara kerjanya Virus komputer dikalikan atau disalin dan disebarkan dengan memasukkan salinan ke dalam program atau dokumen lain.

Anda perlu tahu bahwa virus komputer pada umumnya dapat merusak perangkat lunak atau perangkat lunak komputer Anda dan tidak dapat secara langsung merusak perangkat keras komputer Anda, virus komputer dapat merusak perangkat keras komputer dengan mengunggah program ke komputer Anda untuk memaksa proses pada perangkat tertentu seperti VGA, Memori, prosesor hard disk atau bahkan prosesor.

Pengaruh paling serius dari virus di komputer Anda adalah virus yang berkembang biak, yang dapat membuat sumber daya di komputer Anda, seperti menggunakan memori, berkurang. Hampir 90% virus menyerang sistem operasi berbasis Windows. Dua persen virus yang tersisa menyerang sistem operasi Linux / GNU dengan versi kernel kurang dari 1,4 (dan Unix sebagai sumber Linux, tentu saja), serangan terhadap Mac, terutama Mac OS 9, Mac OS X (Tiger, Leopard ). dua persen lainnya menyerang sistem operasi lain seperti FreeBSD, IBM OS / 2 dan Sun Operating System.

Memahami Virus Komputer

Kami dapat mencegah atau bahkan mengatasi serangan virus dengan menginstal atau menginstal perangkat lunak antivirus atau perangkat lunak. Menjalankan perangkat lunak antivirus adalah dengan mendeteksi dan menghapus virus, meskipun perangkat lunak antivirus tidak dapat menghapus virus dari komputer Anda akan dikarantina. Antivirus dapat mengatasi virus jika antivirus sudah mengetahui kelemahan virus yang padam di komputer.

Saat ini ada banyak program antivirus yang berbeda sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda tidak memiliki lebih banyak uang untuk membeli perangkat lunak antivirus, Anda tidak perlu khawatir karena ada banyak program antivirus gratis yang dapat digunakan untuk melindungi komputer atau laptop Anda. Antivirus gratis termasuk antivirus AVG, Avira, Smadva (Smadav adalah antivirus yang diproduksi oleh anak-anak Indonesia).

Cara kerja virus

Secara umum, virus komputer dapat merusak perangkat lunak dan tidak dapat secara langsung merusak perangkat keras komputer, tetapi dapat menyebabkan kerusakan dengan memuat program, memaksa komputer untuk bekerja memproses perangkat tertentu, seperti RAM dan hard disk.

Efek negatif dari virus komputer adalah menggandakan sehingga sumber daya komputer, seperti penggunaan memori pada hard drive, berkurang secara signifikan. Ini bisa terjadi karena file yang terus digandakan terus menerus tanpa henti, membuat ruang memori membengkak.

Seperti kita ketahui, penggunaan sistem operasi komputer saat ini didominasi oleh sistem operasi Windows, yang digunakan hingga 95% oleh pengguna di seluruh dunia, dan lainnya seperti Linux / GNU, MAC. IBM dan lainnya. Virus yang paling berbahaya atau diklasifikasikan sebagai keganasan dapat merusak perangkat keras komputer.

Jenis virus komputer

pengertian virus komputer

Virus komputer sendiri memiliki berbagai jenis, ini digunakan sebagai istilah umum untuk menggambarkan semua jenis serangan pada komputer. Dari cara kerjanya, virus komputer dapat dikelompokkan ke dalam kategori seperti berikut ini.

1. Cacing

Cacing ini bekerja dengan menggandakan pada hard drive. Dan ini membuat memori hard drive penuh dengan file yang terinfeksi virus worm.

2.Trojan

Virus dengan tipe Trojan akan mengambil data dari komputer yang terinfeksi dan kemudian mengirimkannya ke pabrik Trojan.

3. Backdoor

Jenis virus ini hampir sama dengan trojan, tetapi Backdoor biasanya menyerupai file yang bagus, seperti game.

4.Spyware

Spyware dilakukan untuk memonitor komputer yang terinfeksi, maka hasilnya akan dikirim ke pabrik spyware itu sendiri.

5. nakal

Tipe ini adalah program yang meniru program antivirus dan menampilkan aktivitas antivirus biasa dan biasanya akan memberikan peringatan palsu tentang keberadaan virus yang menginfeksi sistem.

Tujuannya tidak lain adalah menakut-nakuti atau menyesatkan pengguna untuk membeli dan mengaktifkan program antivirus palsu dan menghasilkan uang bagi produsen virus jahat.

Jenis acara ini sangat sering dialami oleh pengguna komputer, untuk pengguna biasa yang tidak mengerti bahwa mereka dapat diakali oleh program, sehingga mereka ingin membeli atau mengaktifkan antivirus palsu. Efeknya, tentu saja, kerugian finansial bagi para korban.

6. Bootkit

Itu adalah virus yang bekerja seperti sistem komputer normal.

7 Virus polimorfik

Jenis virus ini suka diubah sehingga sistem dan antivirus tidak dapat dideteksi.

8. Virus metamorf

Virus ini mampu mengubah kodenya sendiri sehingga tidak bisa dideteksi.

9. Virus ponsel

Ini adalah virus yang dibuat di ponsel dan mampu menghasilkan berbagai efek, mulai dari kerusakan sistem ponsel, pencurian data, panggilan diam, dan pengguna ponsel.

Sumber : Https://www.videomax.co/