Pentingnya Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar – Pendidikan karakter ialah suatu penanaman nilai-nilai karakter untuk seseorang untuk menjadi karakter yang baik laksana berbudi pekerti, sikap yang baik, mempunyai perilaku yang baik, dan dapat bersosialisasi dengan baik.

Di lingkungan sekolah ketika ini edukasi karakter memegang makna penting sebab yang perlu anda ketahui bahwa andai pendidikan yang baik maka bakal terbentuklah karakter yang baik.

Pendidikan karakter paling penting untuk dunia edukasi saat ini, kerena pada era canggih dan adanya tuntutat globalisasi disegala bidang tak terkecuali bidang pendidikan, tidak sedikit terjadi permasalahan anak-anak yang masih berstatus sebagai pelajar mempunyai katakter yang lumayan buruk, urusan ini disebabkan banyaknya pengaruh dari pergaulan dan bebasnya akses teknologi. Contoh: banyaknya anak sekolah yang merokok sebab factor lingkungan laksana ingin dinyatakan dan dirasakan gaul oleh teman-temannya.

Banyaknya informasi yang mereka terima dari jejaring social yang tanpa batas dan mudahnya akses, menyebabkan mereka mengerjakan apa yang mereka inginkan dan apa yang mereka hendak tahu.

Karakter yang berkualitas perlu disusun dan dibina semenjak usia dini. Usia dini terutama usia SD adalahmasa kritis untuk pembentukan karakter seseorang, penanaman moral melewati pendidikan karakter sedini mungkin untuk anak-anak ialah kunci utama membina bangsa.

Di samping dilingkungan sekolah, factor penyokong lain ialah pengawasan dari family dan pun penanaman nilai agama di lingkungan keluarga, sekolah dan pun masyarakat. Harus terdapat kerja sama yang sinergi antara ketiga factor tersebut.

Lingkungan keluarga berkolaborasi dengan pihak sekolah dalam menyerahkan pengawasan dan pengaraha untuk siswa. Adanya kesinambungan antara kedua pihak maka bakal terjadi kontrol social yang baik.

Sekolah terdapat lingkungan yang strategis dalam edukasi karakter, Karena anak-anak dari seluruh lapisan bakal mengenyam edukasi disekolah. Guru pun perlu menyerahkan nilai-nilai agama supaya anak memahami bahwa didalam agama manapun tidak boleh mengerjakan hal-hal negatif.

Itulah kenapa pentingnya edukasi karakter disekolah, sebab pesatnya teknologi di era globalisasi sangat dominan dalam menyusun karakter anak. Oleh sabab tersebut pengajaran disekolah paling berperan urgen dalam menyusun karakter anak supaya menjadi lebih baik.

Sumber: Pelajaran.Id