Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa kita harus mempelajari seri dan seri matematika dalam pelajaran matematika? Apa kelebihannya?

Hmm, pertanyaan seperti itu pasti akan muncul setiap kali kita merasa kesulitan dengan subjek studi, terutama matematika, kan? Berikan saya Sekarang, Anda sekarang akan tahu betapa pentingnya memahami topik ini. Banyak sekali manfaatnya, terutama untuk pekerjaan Anda di masa depan. Ingin tahu? Yuk baca penjelasannya di bawah ini!

Baris dan rangkaian dalam matematika

memiliki banyak keuntungan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, jika Anda ingin menjadi pengusaha, pengembangan bisnis yang konstan mengikuti garis perhitungan dari waktu ke waktu, Anda tahu. Anda dapat memprediksi ukuran keuntungan dan kerugian Anda.

Secara umum, seri berarti daftar angka yang mengurutkan dari kiri ke kanan. Setiap rangkaian angka juga memiliki karakteristik atau pola tertentu. Setiap angka di baris adalah trunk di baris itu sendiri.

Sementara itu, seri adalah jumlah dari ketentuan sebuah seri. Misalnya ada garis U1, U2, U3, U4, ….. Un, maka urutannya adalah U1 + U2 + U3 + U4 + ….. Un. Oh ya, “U” artinya suku, hey.

Nah, jika deret aritmatika dapat diartikan sebagai aritmatika dasar dalam matematika yang meliputi penjumlahan, pengurangan, pembagian dan perkalian. Kita dapat melihat dalam bentuk garis apakah perbedaan antara suku 1 dengan suku 2 dan seterusnya adalah sama, dapat disebut aturan aritmatika ya.

Sekarang kita lihat rumusnya. Misalnya ada nomor 1, 3, 5, 7, 9, 11, …..

a = istilah pertama

b = selisih atau selisih dalam suku pertama dengan suku kedua, suku kedua dengan suku ketiga, dan seterusnya.

Misalnya, kita diminta mencari Un di deretan angka ini, misalnya Un adalah U7, maka rumusnya adalah:

Contoh penerapan seri dan seri aritmatika dalam kehidupan sehari-hari

Misalnya, Anda ingin menabung di bank dengan peningkatan nominal dalam jumlah yang Anda setorkan setiap bulan. Untuk bulan pertama Anda menghemat Rp100.000,00, maka bulan kedua Rp110.000,00, bulan ketiga Rp120.000, dan seterusnya. Lalu Anda ingin tahu berapa banyak penghematan jika Anda menghemat 2 tahun? Sekarang kita jawab menggunakan deret aritmetika dan rumus deret.