Setiap makhluk hidup membutuhkan energi untuk hidup. makhluk hidup mendapatkan energi dari makanan yang mereka makan dan semua makhluk hidup mendapatkan energi dari makanan. Saya kadang-kadang akan memeriksa seluruh rantai makanan. Oleh karena itu, kami mempertimbangkan ulasan di bawah ini.

Rantai Makanan

Lihat daftar utama:
Memahami rantai makanan
Rantai makanan adalah peristiwa makan dan makan di antara makhluk hidup lainnya dalam urutan tertentu. Dalam rantai makanan ada makhluk hidup yang berperan sebagai produsen, konsumen dan sebagai pengurai (decomposers). Dalam kasus rantai makanan ada proses makan dan dimakan dalam urutan tertentu. Dan setiap tingkat rantai makanan dalam suatu ekosistem juga disebut tingkat trofik.

Pada tingkat trofik pertama yang merupakan organisme yang dapat menghasilkan atau memproduksi zat makanan sendiri yaitu tanaman hijau juga dapat disebut sebagai produsen. Oleh karena tubuh yang mengklasifikasikan tingkat tropis kedua adalah konsumen utama (konsumen tingkat pertama), konsumen ini umumnya ditempati oleh hewan herbivora (pemakan tumbuhan).

Selanjutnya, organisme yang diklasifikasikan pada tingkat trofik ketiga juga disebut konsumen sekunder (konsumen tingkat kedua), umumnya ditempati oleh hewan karnivora (hewan yang makan daging) dan sebagainya. Dan organisme yang menempati tingkat tertinggi atau tropis terakhir juga disebut konsumen puncak, biasanya ditempati oleh hewan omnivora.

Baca juga artikel yang bisa dihubungkan: Klasifikasi jamur kerajaan / jamur

Rantai makanan di ladang
Suatu bentuk hubungan timbal balik antara makhluk hidup adalah “rantai makanan”. Rantai makanan adalah proses makan dan dimakan – dalam serangkaian organisme – dalam urutan tertentu. Setiap kelompok organisme terlibat dalam proses makan atau dimakan.

Proses ini terjadi dalam suatu rantai. Beberapa kelompok organisme memangsa kelompok organisme lain. Dan organisme pemangsa ini juga menjadi mangsa kelompok organisme lain. Perhatikan contoh rantai makanan berikut ini.

Gambar skema rantai makanan di sawah

Tumbuhan sebagai organisme autotrofik menghasilkan makanan dalam bentuk nektar bunga. Kupu-kupu sebagai pemakan tumbuhan mengkonsumsi bunga madu. Katak menangkap kupu-kupu untuk dimakan. Ular berburu katak untuk makanan dan elang memakan ular.

Gambar rantai makanan di atas adalah contoh rantai makanan yang terjadi di komunitas padi. Anda dapat mencari contoh rantai makanan di ekosistem lain.

Rantai makanan menjadi titik masuk bagi aliran energi bagi makhluk hidup. Energi berasal dari matahari yang dikonversi oleh organisme autotrofik (produsen makanan) seperti tanaman menjadi energi kimia (pada batang, buah, daun, dll.). Sementara itu, organisme heterotrofik (tidak dapat memproduksi sendiri) mendapatkan energi dengan memakan organisme autotrofik.

Baca juga artikel yang mungkin terkait: Kingdom Animalia

Jenis rantai makanan
menurut tubuh awal, rantai makanan dibagi menjadi beberapa jenis. Rantai rumput, rantai puing, rantai parasit dan rantai saprofit. Berikut ini adalah perbedaan dari masing-masing jenis.

untuk. Merumput rantai makanan
Rantai makanan ini adalah yang paling sering ditemui dan diakui. Rantai makanan ini dimulai dari tanaman sebagai produsen di tingkat trofik pertama. Contoh dari siklus rantai makanan ini adalah: rumput ==> belalang ==> burung ==> ular.

Rantai makanan sereal

Contoh lain: Pada foto di atas, diketahui bahwa ramuan autotrofik bertindak sebagai produsen, sehingga dimakan oleh belalang, sehingga belalang dimakan oleh kadal dan akhirnya kadal dimakan oleh elang.

Pada gambar (c), rumput sebagai produsen dimakan oleh belalang sebagai konsumen pertama, belalang dimakan oleh katak sebagai konsumen kedua, katak dimakan oleh ular sebagai konsumen ketiga dan ular dimakan oleh elang sebagai konsumen keempat. Selanjutnya, jika elang mati, bangkai akan dimakan oleh organisme lain dan dipecah oleh penguraian bakteri.

Baca juga artikel yang mungkin terkait: 12+ sistem anatomi tubuh manusia, penjelasan dan gambar

b. Rantai makanan Detritus
Rantai makanan ini tidak dimulai dari tanaman, tetapi dimulai dari detritivora. Detritivor adalah organisme heterotrof yang mendapat energi dengan memakan sisa-sisa makhluk hidup.

Contoh siklus dalam rantai makanan puing adalah: serpihan daun (sampah) ==> cacing tanah ==> ayam ==> manusia.

Sumber : https://santinorice.com/