gatal

Risiko penyakit serius di balik kulit gatal

Gatal atau gatal adalah kondisi yang sangat umum. Ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan, menyebabkan gangguan tidur, kecemasan dan depresi. Anda harus berhati-hati jika rasa gatal tersebut bermanifestasi untuk waktu yang lama dan disertai dengan gejala lain, karena itu mungkin merupakan indikasi penyakit yang lebih serius seperti gangguan ginjal.

Pruritus dapat dirasakan di daerah-daerah tertentu atau di seluruh tubuh. Kemerahan atau ruam adalah gejala yang sering menyertai rasa gatal. Secara umum, kondisi ini dapat menurun sendiri atau hilang setelah dirawat dengan obat bebas. Namun, ada kalanya gatal tidak berkurang dan mungkin merupakan gejala awal dari kondisi yang lebih serius.

Faktor-faktor di balik gatal

Penting untuk mengenali penyebab gatal untuk menentukan langkah-langkah perawatan yang tepat. Gigitan serangga adalah salah satu penyebab gatal yang paling umum. Tapi selain ini, ada banyak hal lain yang bisa menjadi pemicu gatal, yaitu:

 Penyakit kulit
Misalnya, eksim, kudis, psoriasis, folikulitis dan prurigo. Pruritus umumnya hanya dirasakan di beberapa area kulit dan disertai dengan iritasi kulit, kemerahan atau bintik-bintik pada kulit.

  Kulit kering
Kulit kering (xerosis) biasanya disebabkan oleh kondisi lingkungan, seperti udara dengan kelembaban rendah, terlalu lama mandi atau mencuci dan keabadian di ruangan ber-AC.

Gangguan saraf
Seperti multiple sclerosis, diabetes, saraf yang hancur atau sinanaga.

    Obat Internal
Seperti hepatitis, sirosis, penyakit celiac, anemia defisiensi besi, gagal ginjal, gangguan tiroid, leukemia dan limfoma.

Reaksi alergi atau iritasi terhadap bahan-bahan tertentu
Misalnya alergi iritasi karena pakaian, bahan kimia dalam sabun, kosmetik, alergi terhadap makanan tertentu, obat-obatan atau tanaman.

Perubahan hormonal selama kehamilan
Selama kehamilan, beberapa wanita merasakan gatal di perut, lengan, paha dan payudara karena perubahan hormon. Beberapa masalah kulit yang dapat berkembang selama kehamilan termasuk gatal-gatal, gatal dan plak yang menyebabkan ruam dan gatal pada paha atas dan perut. Rasa gatal ini umumnya akan menurun setelah melahirkan.

  mati haid
Perubahan hormonal selama menopause dapat menyebabkan gatal.

infeksi
Misalnya cacar, kurap dan jamur.

 Kondisi psikologis
Misalnya gangguan depresi dan kecemasan.

Baca Juga: