Sejarah Awal Microsoft Corporation

Sejarah Awal Microsoft Corporation

Sejarah Awal Microsoft Corporation

Paul Allen dan Bill Gates

sesama teman masa kecil yang menikmati pemrograman komputer, mencoba untuk membuat bisnis yang sukses memanfaatkan kemampuan mereka. Majalah edisi 1975 Januari Popular Electronics menampilkan Altair 8800 mikrokomputer buatan Micro Instrumentation dan Telemetry Systems (MITS).


Allen tahu bahwa mereka bisa memprogram BASIC untuk perangkat; setelah menerima telepon dari Gates yang mengklaim bahwa mereka memiliki seorang juru bahasa, MITS diminta langsung ditunjukkan.


Karena pada saat itu mereka tidak memiliki penerjemah, Allen membuat simulator untuk Altair sementara Gates mengembangkan interpreter. Meskipun mereka mengembangkan juru simulator dan bukan instrumen asli, juru beroperasi sangat lancar ketika ditunjukkan ke MITS di Albuquerque, New Mexico Maret 1975, MITS setuju untuk mendistribusikan dan memasarkannya dengan nama Altair BASIC. Mereka secara resmi didirikan Microsoft pada tanggal 4 April 1975 dan dibesarkan Gates sebagai CEO.


Allen memicu nama “Micro-Soft”, sebagaimana dinyatakan dalam Keberuntungan artikel majalah pada tahun 1995. pada bulan Agustus 1977, perusahaan membuat kesepakatan dengan majalah ASCII di Jepang dan menyebabkan pembentukan kantor internasional pertamanya, “ASCII Microsoft “.Perusahaan pindah ke kantor barunya di Bellevue, Washington pada Januari 1979.


Microsoft memasuki bisnis OS (sistem operasi) pada tahun 1980 dengan versi sendiri dari Unix disebut Xenix.Tetapi, itu MS-DOS yang memperkuat dominasi perusahaan.


Setelah negosiasi dengan Digital Research gagal, IBM menyetujui kontrak dengan Microsoft pada November 1980 untuk menyediakan versi CP / M OS, yang akan digunakan dalam jajaran IBM Personal Computer (PC IBM) mendatang. Untuk perjanjian ini, Microsoft membeli tiruan dari CP/M yang disebut 86-DOS dari Seattle Computer Products, menamainya MS-DOS, yang digantikan lagi oleh IBM ke dalam PC-DOS.


Setelah peluncuran PC IBM pada bulan Agustus 1981, Microsoft memperoleh kepemilikan MS-DOS. Sejak IBM IBM PC cipta mendaftar BIOS, perusahaan lain harus melakukan rekayasa mundur agar hardware non-IBM dapat beroperasi sebagai komputer yang kompatibel IBM PC.


Karena berbagai faktor, seperti pilihan perangkat lunak yang tersedia untuk MS-DOS, Microsoft langsung ke sistem operasi PC vendor terdepan pada masanya. Perusahaan ini memperluas diri ke pasar baru dengan merilis Mouse Microsoft pada tahun 1983, serta divisi penerbitan bernama Microsoft Press.Paul Allen mengundurkan diri dari Microsoft pada bulan Februari setelah terserang penyakit Hodgkin.


Sumber:

https://www.vikrymadz.web.id/2020/04/17/turret-gunner-apk/