SEJARAH HUKUM PAJAK DI INDONESIA

SEJARAH HUKUM PAJAK DI INDONESIA

SEJARAH HUKUM PAJAK DI INDONESIA

Banyak orang yang belum mengetahui

bagaimana pajak muncul dan bisa berjalan sebagaimana mestinya di Negara kita ini. Pajak bukan termasuk suatu jenis pungutan, melainkan sebuah pemberian sukarela dari rakyat untuk setiap raja yang dianggap telah memelihara kepentingan Negara, menjaga Negara dari serangan musuh, membiayai pegawai kerajaan, dan lain sebagainya.

Di zaman itu setiap warga Negara yang tidak menyetorkan pembayaran dalam bentuk natura, diwajibkan untuk melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan kepentingan umum atau kepentingan masyarakat pada saat itu. Yang di mana kurun waktu pengerjaannya ditentukan oleh Negara. Sementara bagi orang-orang yang berstatus social tinggi, dan memiliki banyak harta kekayaan dibebaskan.

Mereka dibebaskan dari pembayaran natura tersebut, tetapi harus membayar uang ganti rugi. Sedangkan di Indonesia pada awalnya pajak berupa upeti atau pemberian secara Cuma-Cuma oleh rakyat untuk rajanya atau untuk orang yang saat itu berkuasa. Tetapi upeti ini hanya digunakan untuk kepentingan penguasa dan raja saja, tidak dikembalikan kepada rakyatnya.

Namun seiring dengan berjalannya waktu upeti yang diberikan oleh rakyat tersebut, tidak lagi digunakan untuk 1 pihak saja tetapi pada akhirnya mengarah pada kepentingan rakyat itu sendiri. Sehingga harta yang dikeluarkan oleh rakyat akan dikembalikan untuk kepentingan rakyat bersama. Misalnya untuk menjaga keamanan rakyat, membangun saluran air, membangun sarana social dan lain sebagainya.

Seiring dengan perkembangan zaman dari waktu ke waktu, pemberian yang sebelumnya diberikan Cuma-Cuma oleh rakyat dan lebih ke arah memaksa ini dibuat satu aturannya yang lebih baik. Yaitu yang di dalamnya mengandung unsur keadilan bagi rakyat itu sendiri. Oleh karena itu, rakyat mulai dilibatkan dalam membuat aturan pajak untuk kepentingan rakyat di seluruh Indonesia.


Sumber: https://konveksipekanbaru.co.id/dw-contacts-phone-apk/