Sejarah Huruf

Sejarah Huruf

Sejarah Huruf

Karena sulit untuk mengumpulkan

informasi pada zaman sebelum masehi, maka ada banyak sumber tentang kapan pertama kali huruf berbentuk. Tetapi teori yang paling kuat adalah Teori Mesir Kuno, sekitar Tahun 4000 sebelum Masehi teks berupa tulisan yang terdiri dari beberapa huruf sudah ada di Mesir. Buktinya dapat ditemukan pada perpusatakan tertua di Mesir, Huruf yang dipakai oleh orang-orang mesir saat itu dikenal dengan Sistem Huruf Hiroglif, Konon katanya sistem Hiroglif ini terdiri dari 22 huruf.


Tetapi ada juga sumber yang mengatakan bahwa sistem huruf pertama kali dipakai oleh Bangsa Sumeria “yang sekarang dikenal dengan irak” sekitar 3000 tahun yang lalu. Sistem yang dipakai oleh bangsa ini disebut dengan sistem huruf paku.


Kita tahu bahwa pada masa itu masih terjadi perang yang dimana memperebutkan kekuasan sehingga ketika Bangsa Sumeria dikalahkan oleh bangsa lain, tulisan dan sistem huruf mereka juga diambil alih, pada akhirnya bangsa Babilonia, persia dan bangsa lain juga mengenal sistem huruf-huruf paku tadi.


Nah sedangkan sistem huruf yang kita pakai saat ini dikenal dengan sistem huruf Alfabet “Alphabet”, sistem huruf ini awalnya berasal dari bahasa yang dipakai bangsa semit. Secara bahasa kata alphabet berasal dari dua kata yaitu Aleph “Sapi Jantan” dan Beth “Rumah” kemudian sistem alfabet ini berkembang ke Jazirah Arab, Asia dan Eropa.


Awalnya sistem alfabet terdiri dari 23 huruf yang sangat sederhana kemudian dikembangkan oleh bangsa Yunani dengan merapkan bentuk-bentuk geometris untuk masing-masing huruf “termasuk penerapan membaca dari kiri ke kanan”, sampai akhirnya sistem alfabet ini disempurnakan oleh bangsa Romawi hingga menjadi 26 huruf dan dengan simbol-simbol yang kita kenal saat ini.


Baca Juga :