Sistem Input Berbasis Kertas

Sistem Input Berbasis Kertas

Sistem Input Berbasis Kertas

Sistem Input Berbasis Kertas

Sistem Input Berbasis Kertas
Input ke dalam system akuntansi di sebagaian system akuntansi didasarkan pada dokumen sumber yang diisi secara manual dengan tulis tangan. Adapun fase pemrosesan input adalah sebagai berikut:
1. Persiapan dan Pengisian Dokumen Sumber
Dokumen sumber disiapkan secara manual. Dokumen dirancang dengan baik dan mudah dipahami agar meminimalisasi keslahan yang mungkin terjadi. Dokumen sumber yang telah dikumpulkan dikirimkan ke departemen pengolahan data
2. Pengiriman Dokumen Sumber ke Bagian Pengolahan Data
Batch control total dan register data yang dikirimkan merupakan pengendalian dasar atas transfer data antara departemen pengguna dengan departemen pengolahan data. Penggunaan batch control di keseluruhan pengolahan data merupakan satu hal yang mendasar bagi indepedensi organisasional.
Penyerahan input data harus dilengkapi dengan formulir pengendalian dokumen input. Penghitungan dokumen merupakan salh satu bentuk pengendalian batch control yang paling sederhana. Kelompok entery data seharusnya tidak menerima data kecuali data tersebut dilengkapi dengan formulir pengendalian dokumen input.

Data entry setelah dokumen sumber diterima departemen pengolahan data, dokemen tersebut secara manual diketikan menggunakan terminal data atau PC dan kemudian disimpan di dalam disk. Key verification merupakan suatu prosedur pengendalian yang berguna utnuk mendeteksi kesalahan pengetikan.
Teknik program editing data. Pengendalian data bisa jadi diterapkan untuk setiap struktur data. Setelah data diedit pada level karakter, data dapat dicek kewajarannya. Salah satu cara yang dapat digunakan adalah dengan membuat file table yang berisi nilai yang legal untuk setiap field dlaam table yang disebut dengan table lookup. Kemudian perlu dilakukan audit operasi berkesinambungan  dan cek digit. Editing data meliputi:
– Completeness Check
– Field Format Check
– Field Length Check
– Field sign Check
– Limit Check
– Reasonable Check
– Valid Code Check
– Check Digit
– Combination Field Check
– Internal Label Check
– Sequence Check
– Record Count Check
– Hash Total Check
– Fiancial Total Check’