Sistem Input Tanpa Kertas

Sistem Input Tanpa Kertas

Sistem Input Tanpa Kertas

Sistem Input Tanpa Kertas

Dalam system ini transaksi direkam langsung ke dalam jaringan computer dan kebutuhan untuk mengetikan dokumen sumber tereliminasi. Salah satu manfaat dalam system tanpa kertas adalah hilangnya peluang untuk melakuakn pemisahan tugas dan hilangnya jejak audit. Hilangnya pengendalian internal dapat dikompensasi dengan menggunakan log transaksi.
1. Sistem Input Tanpa Kertas yang Memerlukan Intervensi Manusia
Dalam system entry data manual online pengguna secara manual mengetikkan transaksi ke dalam system computer. Sebagai contoh manajer pabrik secara manual mengetikkan permintaan pembelian ke dalam salah satu terminal data. Permintaan tersebut secara otomatis akan terkirim ke bagian pembelian untuk diproses lebih lanjut. Order pembelian akan dihasilkan tanpa perlu pengetikkan ulang. Dalam system identifikasi otomatis, barang dagangan dan item alin diberi kode otomatis yang dapat dibaca oleh mesin. Indentifikasi otomatis secara khusus berguna jika dua mitra dagang sepakat mengenai metode standar untuk memberi tanda pada karton maupun box.
Transaksi dalam system input tanpa kerta yang melinatkan intervensi manusia diproses melalui dua fase yaitu:
– Entri data dan editing data
Program pengendalian data secara utuh pada saat transaksi direkam ke dalam system.
– Pengiriman data ke system aplikasi host
Dalam system tanpa kertas yang terpusat transaksi biasanya diinputkan langsung ke dalam computer terpusat melalui terminal data.
2. Sistem Tanpa Kertas yang Tidak Memerlukan Intervensi Manusia
System ini merupakan pengolahan transaksi yang sepenuhnya otomatis. Salah satu aplikasi yang menggunakan teknologi ini adalah Network Vending Machine. Dalam aplikasi ini juga diperlukan Electronik Data Interchange (EDI) Dengan EDI dan system data base, order pembelian yang diterima dan order penjualan yang diterima dapat ditangani tanpa intervensi manusia.