Software Apakah Pendukung Eksistensi Facebook

Software Apakah Pendukung Eksistensi Facebook

Software Apakah Pendukung Eksistensi Facebook

Software Apakah Pendukung Eksistensi Facebook

Siapa yang tidak mengenal Facebook, Situs Jejaring Sosial Network Nomor 1 Didunia. Dibalik semua itu apa sebenarnya yang membuat Facebook bisa tetap bertahan dengan banyaknya pengguna hingga saat ini? Mari kita simak

Sebagai situs jejaring sosial yang memiliki berjuta pengguna, Pastilah Facebook memiliki aktifitas yang sangat padat. Seperti dikutip detikINET dari Pingdom Minggu, (17/10/2010), Facebook melayani sedikitnya 570 miliar page view setiap bulannya. Selain itu, tercatat sekitar 3 miliar foto diupload setiap bulannya oleh seluruh pengguna. Hal itulah yang membuat Facebook memiliki jumlah server cukup besar, yakni sekitar 30 ribu server yang ada hingga 2009 lalu.

Peran perangkat keras dalam mendukung eksistensi facebook memang penting, namun dibalik semua itu peran Software juga tidak kalah penting untuk menjaga kelangsungan hidup situs jejaring sosial tersebut. Software apakah yang dimaksud?

Memcached, merupakan hash atau array asosiasi yang dapat menyimpan data berupa string, integer atau bahkan object. Data hash ini disimpan didalam memori komputer (RAM) hingga sangat cepat untuk diakses.

HipHop for PHP, aplikasi ini bertugas untuk mengkonversi bahasa pemrograman PHP menjadi C++. Sehingga akan mempercepat pengolahan data di dalam Facebook.

Haystack, inilah aplikasi yang bertugas mengurusi storage foto di dalam database Facebook. Sebagai informasi, Facebook memiliki 80 miliar foto dengan beragam resolusi. Jadi dibutuhkan aplikasi yang benar-benar tangguh untuk mengeolanya.

BigPipe, Aplikasi ini berfungsi untuk memperbaiki sebuah bug atau kesalahan sintax pada facebook

Cassandra Apache, adalah sebuah aplikasi database berbasis Bigtabel’s Data. Aplikasi Inilah yang digunakan facebook untuk penyimpanan miliayaran data hingga saat ini.

Scribe, adalah sebuah situs penerbitan sosial, dimana puluhan juta orang-orang berbagi tulisan asli dan dokumen.

Hadoop, Aplikasi ini sama dengan Cassandra Apache yang bertujuan sebagai penyimpanan data facebook. Proyek Apache adalah sebuah implementasi open-source kerangka kerja yang handal, komputasi terukur, terdistribusi dan penyimpanan data

Hive, adalah gudang data infrastruktur yang dibangun oleh Hadoop yang menyediakan alat untuk mengaktifkan summary data, query adhoc dan analisis data yang tersimpan dalam file Hadoop.

Thrift, adalah suatu kerangka kerja pengembangan perangkat lunak untuk jasa lintas-bahasa. software Ini menggabungkan sebuah software stack dengan mesin pembuatan kode untuk membangun layanan yang bekerja secara efisien seperti C + +, Java, Python, PHP, Ruby, Erlang, Perl, Haskell, C #, Cocoa, Smalltalk, dan OCaml

Varnish, adalah perangkat lunak kunci yang mempercepat situs web Anda. Ini adalah Open Source, dibangun pada standar industri dan membutuhkan sumber daya yang sangat sedikit

Semua piranti lunak tersebut digunakan untuk menjaga kelangsungan Facebook hingga saat ini. Artikel ini saya dedikasikan buat para pembaca setia www.artikelteknologi.com khususnya bagi para Facebook mania.

Baca Juga :