TEORI DARI GLOBALISASI

TEORI DARI GLOBALISASI

TEORI DARI GLOBALISASI

1. MENURUT PARA GLOBALIS

Dengan adanya globalisasi ini maka hasilnya akan membawa konsekuensi secara langsung. Pada kehidupan yang ada di seluruh dunia dan bahwa nantinya akan muncul serangan budaya homegen. Yang kemudian akan menyebar lagi ke seluruh dunia.

Mengenai teori tersebut, para globalis positif mengatakan bahwa hal itu bisa menjadikan masyarakat dunia yang memiliki pikiran dengan lebih terbuka dan juga toleran terhadap budaya walaupun budaya tersebut berasal dari luar budayanya sendiri. Sedangkan menurut globalis negatif teorinya berbeda.

Menurut para globalis negatif, dengan adanya globalisasi ini justru akan membawa dampak negatif yang bisa melunturkan budaya asli masing-masing masyarakat. Serta menganggap bahwa hal itu menjadi salah satu upaya dari negara adidaya untuk kemudian merasa memiliki hak untuk menjajah budaya dari negara lain.

2. MENURUT TRADISIONALIS

Di dalam teori yang satu ini para ahli mengatakan bahwa, sekelompok orang yang tidak menganggap adanya globalisasi akan sama artinya dengan mereka yang menganggap bahwa proses yang saat ini terjadi menjadi dampak dari perubahan yang sudah terjadi sejak zaman dahulu.

3. MENURUT TRANSFORMALIS

Bagaimana dengan teori transformalis? yaitu orang yang berada di antara teori globalis dan tradisionalis menganggap bahwa globalisasi benar terjadi tetapi terlalu dilebih-lebihkan oleh orang-orang tertentu.

4. TEORI GLOBALISASI LAINNYA

Masih ada teori globalisasi lainnya, yang di mana telah disebutkan oleh seorang ahli bernama George Ritzer yang mengatakan bahwa era globalisasi ini sudah ditandai dengan adanya perkembangan yang ada di dalam komunikasi seperti misalnya muncul telepon dan televisi. Yang kemudian diakhiri dengan adanya kesadaran masyarakat akan globalisasi tersebut.


Baca Juga ;