Teori-Teori Perilaku Menyimpang

  1. Teori Differencial Association (Edwin H. Sutherland). Teori ini menyatakan bahwa perilaku menyimpang merupakan perilaku yang di sebabkan karena hubungan diferensiasi.
  2. Teori Labelling (Edwin M.Lemert). Teori ini menyatakan bahwa perilaku menyimpang merupakan perilaku yang menyimpang karena pemberian penjulukan .Teori ini menggambarkan bagaimana suatu perilaku menyimpang seringkali menimbulkan serangkaian peristiwa yang justru mempertegas dan meningkatkan tindakan penyimpangan.
  3. Teori Merton. Merton mengindefikasikan lima tipe cara adaptasi individu terhadap situasi tertentu ,empat diantara perilaku dalam menghadapi situasi tersebut merupakan perilaku menyimpang .

Konformitas,merupakan cara yang paling banyak dilakukan  Inovasi,merupakan cara dimana perilaku mengikuti tujuan yang di tentukan masyarakat tetapi memakai cara yang dilarang oleh masyarakat. Ritualisme ,merupakan perilaku seseorang yang telah meninggalkan tujuan budaya namun masih tetap berpegang pada cara-cara yang telah digariskan masyarakat.Retreatism,merupakan bentuk adaptasi berikut .Dalam bentuk adaptasi ini perilaku seseorang tidak mengikuti tujuan budaya dan tidak mengikuti cara untuk meraih tujuan budaya .pola adaptasi ini dapat di jumpai pada orang yang menderita gangguan jiwa, gelandangan ,pemabuk, pecandu obat bius. Rebellion (pemberontak ),merupakan bentuk adaptasi terakhir.Dalam pola adaptasi iniorang tidak lagi mengakui struktur social yang ada dan berupaya menciptakan suatu struktur social yang lain.

  1. Teori Fungsi dari Durkheim. Durkheim berpandangan bahwa kejahatan perlu bagi masyarakat karena dengan adanya kejahatan maka moralitas dan hukum dapat berkembang secara normal.
  2. Teori konflik dari Karl Marx. Menurut pandangan ini apa yang merupakan perilaku menyimpang di definisikan oleh kelompok-kelompok berkuasa dalam masyarakat untuk melindungi kepentingan mereka sendiri.Hukum merupakan pencerminan kepentingan kelas yang berkuasa dan bahwa sistem peradilan pidana mencerminkan nilai dan kepentingan mereka.

Ada dua macam konflik dalam teori ini ,yaitu ;

sumber :

https://radiomarconi.com/