Tips Ini Akan Membuat Anak Suka Membaca

Peter Corey, seorang penulis kitab anak ternama dari Inggris, laksana dikutip oleh Risang Melati dalam kitab Kiat Sukses Menjadi Guru PAUD yang digemari anak-anak, menyerahkan tips untuk menambah Minat atau kesenangan membaca pada anak yaitu:

1. Kegiatan membaca bareng lebih efektif bila dilaksanakan 10-15 menit masing-masing harinya. Manfaatkanlah waktu guna membaca bareng anak dengan teknik yang menyenangkan.

2. Membaca merupakan pekerjaan yang menyenangkan, jadi hindari memaksakan anak untuk menyimak saat mereka lelah dikarenakan tidak sedikit kegiatan. Biarkan mereka mempunyai inisiatif untuk mengawali membaca

3. Setelah pekerjaan membaca selesai, usahakan pakai waktu guna anak menyerahkan pendapat, kesan, gagasan tentang kisah tersebut dan dengarkan apa yang diutarakannya lantas diskusikan. Kita dapat memahami apakah isi dari kitab tersebut dicerna oleh anak atau tidak.

4. Gunakanlah kemudahan yang menyokong cerita, seperti merasakan setiap gambar pada kitab cerita tersebut. Gambar-gambar yang unik akan membangunkan “virus” menyimak pada anak. Anak akan memindahkan perhatiannya pada gambar itu dan membangunkan rasa hendak tahu lebih dalam mengenai isi kitab tersebut

5. Tema cerita kitab anak-anak paling beragam, jadi pilihlah kitab cerita dengan tema yang menarik. Terkadang fisik kitab pun dominan pada Minat menyimak anak. Jika dari covernya saja sebuah kitab tampak susah dan tidak menarik, maka anak tidak bakal mau membacanya.

6. Selalu memilih kisah yang sederhana, lucu, dan menarik. Kita bisa memilihkan kitab cerita yang menjadi tema kesenangan anak. Jika suka mobil balap, belikan buku-buku tentang mobil balap, andai senang memasak, belikan buku-buku resep.

7. Sederhanakanlah pemakaian ucapan-ucapan yang anda ucapkan. Hindari membacakan kalimat yang panjang dan susah dimengerti oleh anak. Bila anak tidak paham dengan alur cerita, maka gunakanlah bahasa keseharian yang lebih gampang dimengerti.

8. Jangan ragu guna menilai kitab dari sampul dan siapa penulisnya. Ini dapat membantu kita untuk menyimpulkan apakah kitab tersebut pantas kita pakai atau tidak.

9. Jangan cemas bila anak kita hendak membaca kitab yang sama masing-masing saat. Anak-anak seringkali menimati pekerjaan pengulangan sebab dapat menolong mereka guna lebih mengetahui cerita.

10. Berikan pujian untuk anak yang telah berjuang untuk pelajaran membaca. Kita tidak butuh memaksakan anak yang sudah dapat membaca untuk berjuang keras menyimak kata per kata, khususnya pada ucapan-ucapan yang sulit.

Sumber : http://www.personalrabatten.se/bnr/Visa.aspx?bnrid=181&url=www.pelajaran.co.id