Tips Memilih Universitas Perguruan Tinggi

Tips Memilih Universitas/Perguruan Tinggi

Tips Memilih Universitas Perguruan Tinggi

Tips Memilih Universitas Perguruan Tinggi

Untuk memilih mana universitas atau perguruan tinggi yang tepat, banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Namun sebelum itu, tentukan dahulu apa jurusan yang kamu minati. Kalau sudah, baru tentukan dimana kamu akan kuliah, apakah harus keluar kota, keluar propinsi, keluar pulau, atau keluar negeri sekalian. Beberapa tips berikut ini dapat kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan dimana perjuangan masa depan kamu akan kamu lanjutkan setelah selesai dari SMA.

1. Biaya Kuliah

Dimanapun kamu kuliah, tetap ada biaya yang harus kamu keluarkan. Biaya utamanya adalah SPP kuliah (dan SKS untuk Univ/PT Swasta), sesuaikan kemampuan kamu (orang tua) dengan biaya yang menjadi kebijakan kampus yang kamu tuju. Biaya lain juga harus kamu perhitungkan seperti biaya buku, biaya foto kopi, biaya hidup, dan banyak biaya-biaya lainnya.

2. Lokasi Kampus

Lokasi kampus yang kamu tuju berhubungan dengan;
a) Biaya – Biaya yang akan kamu keluarkan. Misalnya kampus di Jakarta dan sekitarnya, biasanya biaya hidup lebih mahal dari pada di Yogyakarta.
b) Kondisi Lingkungan – Kondisi lingkungan sanga besar pengaruhnya terhadap kuliah kamu, jika memungkinkan pilihlah kampus dengan suasana yang mendukung untuk belajar.
c) Masalah makan, mungkin kedengaran remeh, tapi untuk yang agak cerewet soal makan hal ini bisa menyulitkan, apalagi kalau punya penyakit alergi, mungkin alergi pedas, alergi gula, dan lain-lain. d) Akomodasi, apakah kampusnya di propinsi lain? kalau jauh tentu akan membuat rindu orang tua dan seseorang (kalau ada), selain itu juga mungkin akan mahal kalau ingin pulang kampung.

3. Iklim Akademik

Setiap perguruan tinggi memiliki karakter akademik yang berbeda, misalnya kalau kita bandingkan kuliah di IPB dengan UGM. Menurut beberapa kenalan kuliah di UGM memberi kita kelonggaran dalam waktu (tugas),sedangkan di IPB waktu sangat terbatas karena tugas-tugas yang banyak dari dosen.


4. Jaringan Kampus Tujuan

Maksud saya jaringan disini adalah bagaimana hubungan kampus dengan dunia luar (kampus), misalnya dengan pemerintah, swasta, dan luar negeri serta hubungan kampus dengan alumninya. Hal ini sangat mempengaruhi bagaimana prospek masa depan kamu nanti. Hubungan yang baik tersebut dapat menjadi jalan bagi kamu apakah akan menjadi PNS, karyawan swasta, wirausaha, atau akan melanjutkan kuliah di luar negeri.

Sumber : https://www.givology.org/~danuaji/blog/696984/