TIPS MUDAH MENANAMKAN KECERDASAN INTELEKTUAL DAN EMOSI ANAK SEJAK USIA SATU TAHUN

Saat orang tua hendak menanamkan kepintaran sejak dini, dapat dibuka juga dari umur satu tahun. Cara mendidik anak umur 1 tahun supaya cerdas dapat dilaksanakan dengan sejumlah tips, yakni:

Berikan atensi untuk anak
Atensi yang dimaksud adalahbagaimana orang tua dan anak bisa saling menyerahkan respon satu sama lain. Hal ini dapat dilaksanakan dengan pekerjaan interaksi atau juga permainan yang melibatkan tatap wajah (face-to-face interaction). Salah satu misal kegiatan sederhana contohnya dapat dilaksanakan saat memakaikan baju anak. Saat memakaikan baju, ajak anak berkata sambil dipijat sebelum dipakaikan baju. Dengan sentuhan dan belaian, membina rasa percaya anak untuk konsentrasi kepada apa yang dikatakan orang tuanya. Melalui pekerjaan interaksi yang melibatkan tatap wajah juga menjadi dasar membina kerjasama yang baik dengan orang tua, dan ikatan emosi yang lebih powerful secara jangka panjang

Menarasikan masing-masing kegiatan bareng anak
Beberapa anak di umur satu tahun barangkali belum dapat berkata dengan sempurna, tetapi mereka dapat menyaksikan dan mendengar apa yang dikatakan oleh orang tua. Ajaklah anak berkata dengan bercerita mengenai apa saja yang ditemuinya. Anak yang tidak jarang terpaparkan dengan ucapan-ucapan maka anak bakal lebih tidak jarang merekam kata yang diterimanya dan menolong anak dalam memperkaya kosa kata yang ia miliki. Bagaimana bila orang tua belum memiliki gagasan untuk menarasikan sekalilingnya? Jika orang tua mengalami kendala dalam mengawali menarasikan, bisa juga dilaksanakan dengan membaca kitab cerita dengan keras. Kedua pekerjaan ini sangat menolong anak dalam mengembangkan keterampilan bahasa anak.

Perbanyak pekerjaan bergerak
Berdasarkan keterangan dari Stamm (2008), anak memerlukan kegiatan bergerak agar dapat merespon stimulasi di dekat mereka. Dengan bergerak, anak dapat menyimak hal-hal yang terdapat di depannya, di samping, bahkan apa yang terdapat di belakang mereka. Orang tua dapat menolong dengan menyerahkan stimulasi beragam, contohnya saat mereka hendak berlari memegang sesuatu, berikan benda yang bertekstur kasar dan halus, atau ketika anak hendak menari ikuti irama dapat diserahkan lagu dengan suara kencang dan lembut. Dengan ekplorasi lingkungan yang lebih kaya maka ini menyusun pengalaman dan pengetahuan yang lebih kaya pun pada benak mereka. Di samping itu, anak pun dapat mengembangkan keterampilan motoriknya melalui teknik seperti ini.

Meningkatkan kepintaran anak ternyata dapat dilaksanakan dengan gampang bukan? Yang sangat penting ialah keterlibatan orang tua dalam pembelajaran mereka dan kasih sayang sebagai landasan belajar anak. Lakukan dengan mengasyikkan sehingga mempermudah anak belajar sekelilingnya.

Sumber : http://aidb.ru/?aion=highway&a=https://www.pelajaran.co.id/