Tujuan Pendidikan Kewarganegaraan

Tujuan Pendidikan Kewarganegaran

Menyadari betapa pentingnya peran PKn dalam proses pembudayan dan pemberdayaan peserta didik sepanjang hayat, melalui pemberian keteladanan, pembangunan kemampuan, dan pengembangan kreativitas peserta didik dalam proses pembelajaran maka dengan melalui PKn sekolah perlu dikembangkan

Tujuan Pendidikan Kewarganegaraan

sebagai pusat pengembangan wawasan, sikap, dan keterampilan hidup dan berkehidupan yang demokratis untuk membangun kehidupan demokratis. Karakter utama warga negara yang cerdas dan baik adalah dimilikinya komitmen untuk secara konsisten, mau dan mampu memelihara, dan mengembangkan cita-cita dan nilai demokrasi sesuai perkembangan zaman, dan secara efektif menangani dan mengelola krisis yang selalu muncul untuk kemaslahatan masyarakat Indonesia sebagai bagian integral dari masyarakat global yang damai dan sejahtera.

            Tujuan PKn

Lampiran Permendiknas No.22 Tahun 2006 dikemukakan bahwa “Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan merupakan mata pelajaran yang mefokuskan pada pembentukan warga negaranya yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warga Negara Indonesia yang cerdas, terampil, dan berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945”, sedangkan tujuannya, digariskan dengan tegas agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :

  1. Berfikir secara krisis, rasional, dan kreatif dalam menanggapi isu kewarganegaraan,
  2. Berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab, dan bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, serta anti-korupsi,
  3. Berkembang secra positif dan demokratis untuk mebentuk diri berdasarkan karakter-karakter masyarakat Indonesia agar dapat hidup bersama dengan bangsa-bangsa lain.
  4. Berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain dalam peraturan dunia secara langsung atau tidak langsung dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

     Tujuan PKn di SD/MI

  1. Memberikan pengertian, pengetahuan dan pemahaman tentang Pancasila yang benar dan sah.
  2. Meletakkan dan membentuk pola piker yang sesuai dengan Pncasila dan ciri khas serta watak ke-Indonesian.
  3. Menanamkan nilai-nilai moral Pancasila ke dalam diri anak didik.
  4. Menggugah kesadaran anak didik sebagi warga masyarakat Indonesia untuk selalu mempertahankan dan melestarikan nilai-nilai moral Pancasila tanpa menutup kemungkinan bagi diakomodasikannya nilai-nilai lain dari luar yang sesuai dan tidak bertentangan dengan nilai-nilai moral Pancasila terutama dalam menghadapi arus globalisasi dan dalam rangka kompetensi dalam pasar bebas dunia.
  5. Memberikan motivasi agar dalam setiap langkah laku lampahnya bertindak sesuai dengan nilai, moral dan norma Pancasila.
  6. Mempersiapkan anak didik untuk menjadi warga negara dan warga masyarakatIndonesia yang baik dan bertanggung jawab serta menciptakan bangsa dan negaranya.

sumber :

https://multiply.co.id/cowboy-hunting-apk/